Masjid Al Warqa'a, Uni Emirat Arab (Rumah123/Dezeen)

Fasad masjid ini memang tidak mencolok, malah selaras dan menyatu dengan lingkungan sekitarnya yang berupa padang pasir. Eksterior masjid ini berwarna coklat.

Arsitek yang merancang masjid ini menggunakan sandstone atau batuan dari padang pasir untuk menutup eksterior mesjid. Masjid ini sudah mulai digunakan sejak 2016 lalu.

Baca juga: Siapa Bilang Ga Bisa Taruh Barang Antik di Teras?

Biro arsitek adal Uni Emirat Arab, Ibda Design mendesain masjid bernama Al Warqa’a ini yang berada di Dubai. Selain di Dubai, Ibda Design juga memiliki kantor di Beirut, Lebanon dan Tokyo, Jepang.

Ibda Design memang mendesain Masjid Al Warqa’a ini agar terlihat seperti bagian dari alam padang pasir yang mendominasi lanskap Timur Tengah.

Baca juga: Gerai Piranti Teknologi yang Penuh Pepohonan, Wah Ini Baru Kekinian!

Namun, tidak semua eksterior masjid diaplikasikan dengan sandstone berwarna coklat, ada bagian dinding yang dicat warna putih. Bagian kubah dan menara masjid juga dicat dengan warna putih.

Sebaliknya, Ibda Design merancang bagian dalam dengan menempatkan material marmer untuk menutupi dinding dan lantai. Aplikasi material marmer pada interior ini tentu menciptakan kekontrasan jika dibandingkan dengan eksterior.

Baca juga: Kejayaan Kesultanan Bengal Menginspirasi Desain Masjid di Bangladesh

Masjid Al Warqa’a terdiri dari dua lantai. Lantai mezzanine diperuntukkan bagi perempuan yang ingin shalat. Ada akses menuju lantai mezzanine pada salah satu sudut masjid.

Untuk kamu yang umat Muslim yang berwisata atau sering melakukan ibadah umroh ke Arab Saudi, coba deh untuk mampir ke Masjid Al Warqa’a ini. Uni Emirat Arab masih bertetangga lho dengan Arab Saudi.

Bagikan: 1588 kali