Kota yang Bakal Dibangun oleh Google (Rumah123/Dezeen)

Perusahaan induk Google, Alphabet berencana untuk membangun sebuah distrik kota masa depan di Toronto, Kanada. Kota ini akan menggunakan serangkaian teknologi dan diproyeksikan menjadi pionir pembangunan kawasan urban di masa depan.

Alphabet merupakan perusahaan induk Google yang didirikan pada 2015. Alphabet memiliki sejumlah anak perusahaan. Salah satunya Sidewalk Labs yang juga berdiri pada 2015.

Baca juga: Desain Ramah Lingkungan dan Proses Daur Ulang Ada di Gedung Ini, Keren Kan?

Google tentunya sudah banyak yang tahu. Raksasa teknologi ini dikenal salah satunya karena mesin pencari Google dan sistem aplikasi mobile Android. Larry Page dan Sergey Brin mendirikan Google pada 1988.

Sidewalk Labs merupakan korporasi yang memberikan respon terhadap permintaan Waterfront Toronto. Proyek ini pun kemudian diberi nama Sidewalk Toronto.

Baca juga: Pasokan Tidak Bertambah, Harga Hunian Mewah Meroket

Waterfront Toronto ingin merevitalisasi kawasan tepi danau Ontario seluas 324 hektare. Kawasan ini berada di Timur kota hingga ke tengah kota.

Danau Ontario merupakan salah satu danau besar yang berada di perbatasan Kanada dengan Amerika Serikat. Luasnya mencapai 19.000 km persegi. Luasnya kira-kira hampir empat kali Pulau Bali yang luasnya hanya 5.780 km persegi.

Baca juga: Sistem Transportasi Masa Depan Tuh Gak Berhenti di Sharing Vehicle ala Uber Doang

Sidewalk Labs akan merevitalisasi kawaasan Quayside, area tepi Danau Ontario bagian Timur. Luasnya hanya 4,9 hektare.

Proyek Sidewalk Toronto ini memiliki visi menjadi platform untuk teknologi, penggunaan material, dan proses untuk menangani masalah seperti pembangunan berkelanjutan, aksesibilitas, fasilitas lengkap, dan kemakmuran dari kaum urban.

Baca juga: Sering Terjadi Kecelakaan, Jalan Raya Diubah Jadi Area Pejalan Kaki! Keren Ya Idenya!

Sidewalk Labs dan Waterfront Toronto mengintepretasikan sebuah kawasan yang mengaplikasikan sistem teknologi tinggi untuk mengatasi masalah perkotaan seperti kurangnya rumah yang terjangkau, kemacetan yang parah, keamanan, hingga masalah lingkungan.

Wah, kayaknya keren nih calon kota masa depan yang digarap oleh perusahaan induk Google. Kamu mau pindah ke Kanada nggak?

Bagikan: 726 kali