OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Gini Loh Cara Mendekorasi Rumah Minimalismu

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

apartemen minimalis

Foto: Rumah123/iStock

 

Rumah minimalis memang banyak penggemarnya. Mungkin kamu salah satunya. Bukan hanya irit biaya, mendekorasi hunian minilais pun tak terlalu sulit.

Meski gaya minimalis identik dengan kesederhanaan, namun kamu harus pintar-pintar menyiasatinya agar tak membosankan. Karena keterbatasan ruang, maka menatanya harus seefisien mungkin. Kamu perlu memperhatikan furnitur, aksesori, ornamen, warna dinding dan lain-lain.

Nah, kalau kamu memilih gaya minimalis untuk rumahmu, tips berikut ini bisa membantu kamu:

Keteraturan Penempatan Barang

Barang-barang yang sekiranya tidak akan digunakan lagi sebaiknya kamu singkirkan saja. Jangan karena sayang, maka kamu menyimpannya lama dalam lemari. Menyimpan barang tak berguna bukanlah solusi untuk mendapatkan ruangan yang rapi. Jadi, kamu betul-betul harus mengorganisasi barang-barang di hunian minimalismu.

Pemilihan warna-warna yang pas

Pilihlah warna-warna yang sesuai dengan interior rumah minimalismu. Jika kamu memiliki ruangan dengan warna monokromatik dan menggunakan satu warna dominan untuk semua perabotanmu, maka eksplorasi idemu untuk kesan yang kontras.

Jika kamu memilih lebih dari satu warna, tetap konsisten pada warna itu dan jangan terlalu banyak menggunakan warna lain yang melenceng dari warna-warna yang sudah kamu pilih. Gunakan varian warna yang sama untuk menciptakan harmonisasi dalam ruangan.

Baca juga: Begini Sentuhan Ajaib Keran Minimalis di Kamar Mandimu

Simetris

Sebaiknya dalam menata aksesori dan furnitur di ruangan minimalis, kamu posisikan simetris. Dengan demikian akan membuat ruangan tampak lapang dan tentu saja nyaman.

Tentukan focal point

Cari unsur dalam ruangan yang bisa kamu jadikan focal point (pusat perhatian), semisal sofa di ruang keluarga, lukisan di ruang tamu, dan sebagainya. Dengan adanya focal point, menjadikan perabotan lain di sekeliling ruangan seakan menyatu mengelilinginya.

Untuk mengikuti dekorasi minimalis, sebaiknya kamu membayangkan ruangan sebagai kotak dan memiliki garis vertikal dan horisontal lalu mulai memasukkan perabotan, dekorasi, aksesori, artwork, warna, dan lain-lain sesuai dengan jalurnya. Dengan cara ini akan menciptakan desain interior minimalis yang powerful.

Kelompokkan benda yang sama dalam satu titik untuk bold minimalist statement 

Sebaiknya aksesori di ruanganmu jangan tersebar di seluruh ruangan. Tempatkan beberapa barang dalam satu titik saja. Semisal bingkai foto, letakkan dalam satu titik sehingga memberikan statement dalam ruangan.


Tag: , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA