Biro Arsitek Asal Thailand, All(zone) Mendesain Rumah Yang Memberikan Privacy Bagi Penghuninya (Foto: Rumah1232/Designboom/Soopakorn Srisakul)

Hunian ini menawarkan privacy kepada penghuninya. Namun, rumah ini juga tidak terlihat mencolok dan selaras dengan lingkungan sekitarnya.

Designboom melansir bahwa studio arsitek All(zone) mendesain rumah ini. Biro arsitek yang berkantor pusat di Bangkok, Thailand ini mengaplikasikan beton ekspos pada bagian fasad.

Rumah ini berada di kawasan Phra Pradeang, area padat penduduk di ibu kota Thailand, Bangkok. Banyak jalan kecil di sekitar lokasi rumah. Ya, mirip perkampungan di Jakarta ya.

Baca juga: Cantiknya Lemari Kayu Sebagai Partisi Ruangan

Meski kawasan ini padat penduduk dan banyak jalan kecil, tetapi area ini sedang bertransformasi menjadi wilayah dengan bangunan berukuran besar.

All(zone) melakukan respon dengan mendesain yang memaksimalkan lahan sempit menjadi rumah yang keren. Arsitek mengubahnya menjadi rumah tiga lantai dengan luas bangunan 388 meter persegi.

Arsitek membuat fasad dari blok beton pesanan. Produsen lokal yang membuat blok beton tersebut. Fasad ini tidak sepenuhnya tertutup.

Arsitek Mendesain Bagian Tengah Rumah Menjadi Area Terbuka yang Menghubungkan Seluruh Lantai (Foto: Rumah1232/Designboom/Soopakorn Srisakul)

Baca juga:  Partisi Kaca Pisahkan Dapur dan Kamar Mandi? Ga Usah Panik, Privacy Masih Ada Kok!

All(zone) ingin ada ventilasi udara masuk ke dalam hunian. Penghuni juga dapat melihat ke luar rumah dan juga jalan raya.

Bagian tengah rumah menjadi pusat aktivitas. Ada void besar yang menjadi ventilasi udara dan juga sinar matahari yang bisa masuk ke setiap ruangan. Area tengah ini berupa kolam renang, bukan taman. Biasanya arsitek suka mendesain taman di tengah bangunan.

Arsitek mengaplikasikan warna abu-abu pada sejumlah bagian terutama dinding agar interior dan eksterior terlihat selaras. Kamu mau bikin rumah seperti ini juga nggak?

Baca juga:  Kompleks Hunian Komunitas Mikro yang Tetap Punya Privacy

Fasad Beton dengan Desain Seperti Ini Membuat Penghuni Memiliki Privacy, Tetapi Bisa Melihat Ke Luar Rumah. Fasad Ini Juga Menjadi Akses Sinar Matahari dan Udara (Foto: Rumah1232/Designboom/Soopakorn Srisakul)
Bagikan: 368 kali