Ilustrasi Kucing (Foto: Rumah123/Designboom/Kim Pimmel)

Bagi kamu yang pencinta hewan, kamu bisa mengadopsi anjing dan kucing dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). Persyaratannya nggak sulit lho.

Belum lama ini, Suku Dinas Ketahan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) dikabarkan melakukan penangkapan sejumlah hewan liar di Jakarta. Binatang yang ditangkap ini kemudian ditampung di Puskeswan.

Kamu bisa mengadopsi anjing dan kucing ini lho. Ada sejumlah hal yang harus dilakukan untuk proses adopsi ini. Caranya gampang banget lho.

Baca juga: Anjing Paris Hilton Tinggal di Rumah Dua Lantai, Beneran Lho!

Pemohon langsung mendaftar untuk mengisi formulir. Selain itu, pemohon atau adopter harus menyertakan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Adopter harus memiliki KTP DKI. Pemohon yang tidak memiliki KTP DKI masih bisa asalkan tergabung dalam komunitas pencinta hewan. Hal ini dikarenakan pihak terkait tidak bisa menilai kelayakan adopter dalam memelihara binatang.

“Setelah mengisi formulir, pihak Puskeswan akan menghubungi petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) yang berada di kecamatan tempat tinggal adopter,” ujar Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Pusat Kesehatan Hewan Ragunan, Nova seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Apartemen Mungil Ini Didesain untuk 2 Penghuni dan 51 Kucing!

“Petugas akan meninjau tempat tinggal dan wawancara calon adopter terkait kelayakan mengadopsi,” lanjut Nova.

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian bakal menilai apakah adopter layak untuk menerima. Ada kekhawatiran kalau adopter mengambil anjing atau kucing, namun kemudian dilepaskan lagi karena lingkungan tidak memenuhi.

Jika adopter dinyatakan layak, dia bisa melihat hewan yang akan diadopsi. Semua anjing dan kucing ini sudah divaksinasi, disterilkan, dan dalam kondisi sehat.

Baca juga: Piranti Makan Futuristik untuk Kucing Kesayangan Kamu

Mereka yang akan mengadopsi hanya perlu membayar uang administrasi sebesar Rp20 ribu. Proses adopsi juga cuma membutuhkan waktu satu sampai dua hari.

Nah, kalau kamu ingin memelihara kucing atau anjing, datang saja ke sini. Ingat ya, rumah kamu sudah layak untuk tempat tinggal hewan.

Bagikan: 914 kali