China Meresmikan Jembatan Laut Terpanjang Di Dunia, Panjangnya 10 Kali Jembatan Suramadu (Foto: Rumah123/New Scientist)

China baru saja meresmikan jembatan laut terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 55 km! Gokil kan? Bagaimana rasanya melewati jembatan seperti ini ya.

Presiden China, Xi Jinping membuka secara resmi jembatan terpanjang yang melintasi laut. Jembatan ini dibangun selama sembilan tahun.

Jembatan ini mempunyai panjang 55 km. Hmm, jaraknya nyaris sama dengan Jakarta-Bogor deh. Jembatan ini menghubungkan dua kawasan khusus China, Hong Kong dan Makau serta daratan China yaitu kota Zhuhai.

Baca juga: Jembatan Cetakan 3 Dimensi Ini Bisa Menahan Beban 40 Truk, Masa Sih?

Biaya pembangunan jembatan dan fasilitas lainnya mencapai US 20 miliar (Rp304 triliun), sementara USD 6,92 miliar (Rp105 triliun) di antaranya khusus untuk membangun jembatan saja . Pembangunan jembatan ini seharusnya selesai pada 2016 lalu, namun harus molor hingga tiga tahun.

Jembatan ini didesain untuk tahan gempa bumi dan angin topan. Kebetulan, China memang sering dilanda badai.

Selain jembatan, ada juga area yang merupakan terowongan di bawah laut. China juga membangun dua pulau buatan. Ada area yang dirancang agar bisa dilewati oleh kapal laut.

Baca juga:  Wow, Ini Dia Nih Kolong Jembatan Zaman Now

Tidak semua mobil bisa melewati jembatan ini lantaran perlu izin khusus. Jalur transportasi umum juga tidak melewati jembatan, hanya ada shuttle bus khusus. Nantinya, para pengguna jembatan ini harus membayar uang tol.

Wah, bayangkan kalau jembatan ini memiliki panjang 55 km atau sepuluh kali lipat dari jembatan Suramadu yang menghubungkan Jawa dan Madura. Kayak apa tuh kalau melintas lautan melalui jembatan?

Kalau kamu sedang traveling atau tugas luar negeri ke Hong Kong, coba aja untuk melewati jembatan ini. Biar nggak penasaran gimana rasanya melewati jembatan laut terpanjang di dunia.

Baca juga:  Bukan Sekedar Jembatan Penyeberangan Biasa

Bagikan: 1559 kali