Pengelola Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta dan Jakabaring, Palembang Bisa Belajar dari Pengelolaan Stadion Bird Nest di Beijing, China (Foto: Rumah123/WNYC Studios)

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sudah berakhir lebih dari sepekan. Pesta boleh selesai, namun pemanfaatan gelanggang olahraga harus tetap berlanjut.

Indonesia membangun sejumlah arena untuk pesta olahraga ini. Selain itu, renovasi besar-besaran juga dilakukan untuk memperbarui gelanggang olahraga.

Baca juga: Mendadak Kaya Setelah Asian Games 2018, Bonus Hadiah Bisa Beli Rumah

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berharap jika arena tetap dipakai usai Asian Games 2018. Kemenpora telah menyiapkan sejumlah jalan pemanfaatan venue sebaik mungkin untuk pelatnas (pelatihan nasional) Indonesia.

Pemerintah bakal mempromosikan arena ini ke luar negeri. “Venue bekas Asian Games bisa dijadikan tempat pertandingan single event ataupun multi event yang akan datang,” ujar Imam seperti dikutip dari Koran Tempo.

Baca juga: Jadi MVP Asian Games 2018, Uang Hadiah Rikako Ikee Ga Bisa Buat Beli Rumah

Nah, kalau pemanfaatan arena olahraga, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro punya contoh yang bagus nih.

Jakarta-Palembang bisa mengikuti jejak Sydney (Australia), Beijing (China), dan London (Inggris). kebetulan tiga kota ini pernah menjadi tuan rumah Olimpiade 2000, 2008, dan 2012. Ketiga kota tersebut bisa memanfaatkan arena olahraga ini dengan maksimal.

Baca juga: Harga Properti Bakal Melambung Setelah Pesta Olah Raga

Bekas tempat penyelenggaraan Olimpiade 2000 Sydney sekarang sudah menjadi tempat tinggal dan area komersial. Arena Olimpiade 2008 Beijing berubah menjadi tujuan wisata dan pusat pelatihan atlet.

Sementara bekas tempat penyelenggaraan Olimpiade 2012 London, pengelolaannya dilakukan oleh manajemen khusus. Arena olahraga juga dapat dialihfungsikan menjadi tempat penyelenggaraan di luar olahraga.

Baca juga: Apa Sih Dampak Asian Games 2018 Buat Industri Properti?

Nah, kompleks olahraga Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan malah sudah lebih dahulu melakukannya. Arena ini sudah ada sejak penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004.

Sejak PON 2004, Jakabaring semakin bertambah jumlah fasilitasnnya. Selain itu, pemanfaatannya pun kian berkembang. Sejumlah pesta olahraga level internasional juga pernah dilangsungkan di Jakabaring.

Bagikan: 1075 kali