Foto: Rumah123/iStock
 

Mau kaya? Pastinya dong! Emang ada yang mau miskin? Tapi, kalau cara berpikir kamu ga kayak orang kaya ya mana bisa kaya, ya kan. Emangnya gimana sih cara berpikir orang kaya itu? Gini, menurut Joice Tauris Santi di Harian Kompas, cara pandang orang kaya tuh, begitu dia dapat penghasilan langsung disisihkan buat ditabung, sisanya baru dibelanjakan untuk kebutuhan.

Kalau lagi dapat bonus atau penghasilan tambahan, dia ga langsung beli gadget baru, mobil baru, atau apalah yang baru-baru cuma sekadar pengen gaya atau jadi perhatian orang. Lalu, apa yang dilakukan dengan uang yang dia punya itu, cuma ditabung doang?

Baca juga: Kalau Ga Punya Aset, So What?

Mereka gunakan tabungannya untuk beli yang namanya aset, semisal properti. Properti itu selain yang dihuni juga ada yang mereka beli lagi untuk disewakan. Hasil dari pendapatan pasif sewa lantas mereka belikan properti lagi. Begitu seterusnya. Golongan orang kaya ini mendapatkan paling ga dari dua sumber penghasilan, yakni dari pendapatan aktif (gaji sebagai pegawai atau profesional) dan penghasilan pasif dari aset properti yang dia sewakan.

Ah, kalau cuma gitu semua orang juga tau! Eitttsss! Tunggu dulu, emang tau tapi dilakuin ga cara berpikir golongan kaya itu? Selama ga dilakonin ya mungkin kamu masuk golongan mereka yang cara pandangnya miskin. Nih ya, kalau orang cara pandangnya miskin, mereka bekerja keras, dapat penghasilan dari hasil kerjanya itu, lalu semuanya dibelanjakan sampe abis bis! Gaji Rp5 juta ya Rp5 jutanya abis, gaji Rp10 juta ya Rp10 jutanya abis. Dari bulan ke bulan gitu. Jelas dong, aset ga punya, yang ada kerja, kerja, dan kerja!

Baca juga: Ga Mau Miskin? Punya Rumah Dulu!

Lain lagi kelompok yang cara berpikirnya kelas menengah. Mereka juga kerja keras, dapat gaji lalu dibelanjakan, sisanya baru ditabung. Namanya juga sisa, ya seadanyalah yang ditabung itu. Kalau lagi ga bersisa, ya ga nabunglah. Ya apa yang ditabung? Orang ga ada sisa kok!

Terus kalau lagi dapat bonus atau pendapatan tambahan, mereka gimana? Wow, mumpung lagi dapat rezeki ekstra ya beli yang udah dipengenin dong, motor atau mobil yang lebih keren, gadget yang lebih keren, travelling yang lebih keren. Nah, kalau kamu ada di golongan yang ini, kamu bakal sengsara deh kalau kehilangan pekerjaan, ya orang cuma itu satu-satunya sumber penghasilan kamu, ya ga? Boro-boro jadi kaya yah!

Jadi, kalau kamu mau kaya ya ikuti aja cara berpikir orang kaya. Punya aset, kembangkan aset sambil terus bekerja aktif. Aset yang kamu wajib punya ya properti!

Bagikan: 1148 kali