Biro Arsitek Asal Amerika Serikat, ISA Membangun Rumah di Atas Lahan dengan Lebar Hanya 3,6 Meter (Foto: Rumah123/Deezen/Sam Oberter)

Ga usah pusing kalau memiliki lahan sempit. Studio arsitektur asal Amerika Serikat, ISA merancang hunian di atas lahan dengan lebar hanya 3,6 meter.

Tumbuh tuh ke atas, bukan ke samping. Kamu mungkin ingat iklan susu anak ini. Nah, rumah kecil ini benar-benar menjulang ke atas.

ISA mendesain rumah mungil yang memiliki lima lantai. Hmm, mirip ruko ya. Namun, hal ini memang untuk menyiasati lahan yang benar-benar terbatas.

Baca juga: Memaksimalkan Rumah di Lahan 56 Meter Persegi, Gini Caranya!

Lahan hanya memiliki lebar 3,6 meter dan panjang 8,8 meter. Buat yang pernah melihat rumah di pelosok Jakarta, pasti sering melihat rumah dengan luas terbatas seperti ini.

Arsitek merancang rumah ini ke atas menjadi lima lantai dengan ketinggaian mencapai 11 meter. Wow, seperti gedung pencakar langit yang mini.

Lantai pertama berisi dapur dan kamar mandi. Lantai kedua berisi ruang tamu. Sementara lantai ketiga menjadi ruang kerja.

Baca juga: Begini Nih, Siasat Cerdik Atasi Keterbatasan Lahan Hunian

Dua lantai teratas berisi kamar mandi dan ruang tidur. Hunian ini juga memiliki teras atas yang menjadi area tambahan.

Untuk menyiasati lahan yang sempit, ISA mengaplikasikan cat putih pada dinding dan plafon, memasang lantai kayu berwarna terang, serta memasang jendela dalam jumlah banyak. Selain itu, ISA memasukkan furnitur berwarna putih.

Hmm, ternyata nggak sulit ya untuk memaksimalkan lahan sempit. Kalau kamu punya masalah serupa, jadikan rumah ini sebagai inspirasi. Keren juga kan kalau punya rumah sempit kayak gini.

Baca juga: Lahan Terbatas? Siasati dengan Pintu Geser! Gampang Kan?

ISA Merancang Hunian Ini Memiliki Lima Lantai. Hunian Ini Bisa Jadi Solusi Rumah di Lahan Terbatas (Foto: Rumah123/Deezen/Sam Oberter)
Bagikan: 5249 kali