Biro Arsitek China, Dot Architects Membangun Perpustakaan Prefabrikasi yang Bisa Dibuat dalam 1 Minggu Saja (Foto: Rumah123/Wu Qingshan/Dezeen)

Studio arsitektur asal China, Dot Architects sukses membangun sebuah perpustakaan prefabrikasi dalam satu pekan. Konstruksi melibatkan para pekerja bangunan yang baru dan amatir.

Perpustakaan ini berada di daerah terpencil di China, tepatnya di provinsi Hebei. Kawasan ini memiliki penduduk miskin. Perpustakaan ini diperuntukkan bagi siswa siswi sekolah dasar.

Sekolah ini mempunyai 1.000 murid, namun hanya mempunyai perpustakaan kecil berukuran 45 meter persegi. Namun, saat ini sekolah telah memiliki perpustakaan dan ruang baca.

Baca juga: Perpustakaan Ini Didesain Seperti Mata yang Besar, Pinjam Buku Di Sini Yuk!

Proyek pembangunan perpustakaan ini dibiayai oleh lembaga keuangan Huaxia Bank. Mereka yang menyumbang merupakan mahasiswa mahasiswi pasca sarjana program MBA. Sementara buku-buku merupakan sumbangan dari sejumlah lembaga lain.

Perpustakaan ini dibangun dan dikembangkan dengan berdasarkan konsep dan sistem Wikihouse Foundation. Struktur bangunan sederhana dan bisa dibangun cepat dan mudah.

Sejumlah bagian prefabrikasi sudah dibuat di pabrik. Semua mencakup bagian atap, dinding bagian dalam, dinding bagian luar, dan bagian lainnya.

Baca juga: Bangunan Tua Ga Perlu Dirobohkan, Bikin Aja Jadi Perpustakaan

Seluruh bagian dikirimkan ke lokasi. Sejumlah pekerja bangunan baru atau amatir dilibatkan dalam pembangunan perpustakaan. Lantaran para pekerja hanya perlu memasang bahan prefabrikasi, maka proses konstruksinya pun hanya memakan waktu tujuh hari alias satu minggu.

Namun, arsitek dan pekerja bangunan profesional tetap dilibakan dalam pembangunan ini. Mereka memberikan supervisi.

Sejumlah biro arsitek sudah membuat bangunan prefabrikasi. Material sudah dibuat di pabrik, lantas dikirim ke lokasi, dan kemudian tinggal dipasang. Gampang banget kan?

Baca juga: Ngapain Cristiano Ronaldo Beli Gedung Perpustakaan?

Bagikan: 386 kali