Biro Arsitek Anyscale Architecture Design Mengubah Bangunan Berusia 300 Tahun Menjadi Hotel Butik (Foto: Rumah123/Dezeen)

Biro arsitek asal China, Anyscale Architecture Design mendesain ulang bangunan berusia 300 tahun menjadi sebuah hotel butik yang kaya dekorasi asli. Bangunan ini memiliki kisah panjang yang unik.

Bangunan ini berada di Jianxi, sebuah provinsi yang berada di pedalaman China. Provinsi ini terkenal karena pemandangan pegunungan, sungai, dan juga pematang sawah.

Dahulu, bangunan jadul merupakan rumah penginapan untuk para pedagang melintasi kawasan dan juga tempat perlindungan bagi tentara China. Sejak abad ke-20, bangunan ini tidak terawat.

Baca juga: Bangunan Tua Dipermak Jadi Kantor Desain dan Biro Arsitek, Lebih Kekinian Lho!

Lantas pasangan dari Shanghai membeli bangunan tua ini. Mereka meminta Anyscale Architecture Design untuk mengubahnya menjadi hotel butik.

Dezeen melansir bahwa Wuyuan Skywells Hotel ini hanya memiliki 14 kamar tidur. Arsitek mendesainnya menjadi bangunan dengan rangkaian ruangan yang menangkap esensi dari masa lalu.

Arsitek memanfaatkan seniman lokal untuk merestorasi rangka kayu yang terlihat di lantai dasar. Beberapa kayu diukir dengan motif dekoratif yang menggambarkan sejarah pribadi klien.

Arsitek Mendesain Kamar Tidur Hotel dengan Gaya Kontemporer (Foto: Rumah123/Dezeen)

Baca juga: Menyulap Bangunan Tua Menjadi Kekinian? Ah, Gampang Kok

Pada lantai ini, juga ada sejumlah bagian yang menuju bagian luar bangunan. Ini sesuai dengan nama hotel yaitu Wuyuan Skywells yang berarti Tian Jing, tipologi bangunan lokal yang dideskripsikan dengan halaman sempit yang membuat cahaya masuk ke dalam rumah.

Beberapa dinding tanah liat dibangun ulang untuk membuat bangunan tetap dingin selama musim panas. Namun, ada juga bagian yang dibiarkan apa adanya untuk menampilkan karakter China.

Sebuah paviliun kaca dihadirkan sebagai restoran. Sementara kamar hotel mendapatkan sentuhan desain kontemporer. Semuanya dicat dengan warna dingin yaitu abu-abu.

Baca juga: Bangunan Tua Ga Perlu Dirobohkan, Bikin Aja Jadi Perpustakaan

Arsitek Menambahkan Ruangan dengan Jendela Kaca. Ruangan Ini Merupakan Restoran (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 524 kali