Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Sampai saat ini ada 5 proyek hunian Transit Oriented Development (TOD) yang tengah dibangun pemerintah, yakni yang berlokasi di Stasiun Tanjung Barat, Stasiun Pondok Cina, Stasiun Senen, Stasiun Juanda, dan Pasar Tanah Abang. Kesemua itu merupakan sebagian dari 13 lokasi pengembangan hunian berkonsep TOD yang pembangunannya ditargetkan pemerintah dilaksanakan tahun ini.

Selanjutnya, proyek hunian TOD akan berlanjut di Stasiun Jurangmangu dan Rawabuntu di Tangerang Selatan, Banten. Total ada 37 lokasi yang ditargetkan mulai dibangun tahun depan, dan 13 lokasi tahun ini.

Baca juga: Hunian TOD Tanjung Barat, Rusunami bagi MBR dan Anami untuk Non-MBR

General Manager Proyek TOD KAI-Perumnas, Muchlis Abbas, dalam keterangan tertulisnya kepada rumah123.com menyatakan, untuk mendapatkan Nomor Urut Pemesanan (NUP) hunian TOD Stasiun Tanjung Barat, peminat cukup membayar Rp1 juta di Kantor Marketing TOD, Lantai 1 Wisma Perumnas, Jalan DI Panjaitan Kav 11, Cawang, Jakarta Timur.

Bagi peminat yang lolos seleksi berkas, akan diundang dan dapat memilih hunian pada saat launching dan pemilihan unit.

Baca juga: 3 Fasilitas yang Bikin Hunian TOD di Stasiun Semakin Plus!

Kalau membayarnya dengan cara kredit, maka bisa memanfaatkan fasilitas kredit pemilikan apartemen (KPA) di bank-bank yang bekerja sama dengan Perumnas. Setelah itu, peminat mengajukan permohonan KPA ke bank yang sudah dipilih. Selanjutnya, serah-terima unit diperkirakan pada 2020.

Total ada 1.232 unit rusunami dan anami yang akan dibangun Perum Perumnas dan PT KAI di Stasiun Tanjung Barat. Hunian yang akan berdiri di atas lahan bekas parkir stasiun ini, sebanyak 300 unit  dari total unit tersebut dikhususkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Bagi MBR (subsidi), harga terendahnya yaitu Rp9,2 juta per meter persegi. Jadi, untuk unit seluas 22 meter harganya sekitar Rp202 juta.

Sedangkan untuk anami (non-subsidi) harganya berkisar Rp16-18 juta per meter persegi. Jadi, harga terendahnya sekitar Rp512 jutaan untuk luas unit 32 meter persegi. Beli yuk!

 
Bagikan:
2970 kali