Sinar Mas Land Menggelar Festival Pendidikan 2019. Sejumlah Acara Diselenggarakan. Salah Satunya Memperkenalkan Gerakan Sekolah Menyenangkan Yang Sudah Diterapkan di Sejumlah Sekolah di Tangerang (Foto: Rumah123/Getty Images)

Sinar Mas Land kembali menyelenggarkan Festival Pendidikan yang kelima di QBIG, BSD City beberapa waktu lalu. Perusahaan pengembang melihat pentingnya festival ini sebagai upaya menyatukan visi pelaku dan pegiat pendidikan di Tangerang Selatan dan Kabupatan Tangerang.

Festival Pendidikan 2019 ini mengundang sejumlah pelaku pendidikan lintas sektor di kedua wilayah tersebut. Selain itu, acara juga dilangsungkan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Acara festival ini dimeriahkan dengan sejumlah lomba pendidikan bagi siswa TK hingga SMA serta sekolah madrasah. Tema festival ini adalah “Sekolah Menyenangkan untuk Pendidikan Indonesia yang Memanusiakan dan Memerdekakan”.

Baca juga: Sambut Ramadan, Sinar Mas Land Bagikan Al Quran Braille dan Mushaf Al Quran

Pada 2019 ini, festival menghadirkan beragam bentuk acara pendidikan. Salah satunya adalah pameran Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM).

GSM diinisiasi oleh aktivis pendidikan Muhammad Nur Rizal, ST., M.Eng, Ph.D. Dia memperkenalkannya pertama kali di Rumah Pintar BSD City.

“Tujuan utama Festival Pendidikan sebenarnya adalah sebagai wadah untuk menyatukan visi pendidikan di wilayah Tangerang dan Tangerang Selatan,” ujar Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk, Syukur Lawigena seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima oleh Rumah123.com.

Baca juga: Fokus Kembangkan Smart Digital City, Sinar Mas Land Gelar Kompetisi Robotik

“Sambil memperingati Hari Pendidikan Nasional, kami ingin mengajak para pelaku pendidikan di Indonesia untuk merefleksikan apa yang telah dicapai oleh pola pendidikan di Tangerang dan Tangerang Selatan,” lanjut Syukur.

“Kemudian kami juga mencoba menawarkan sebuah inovasi yang telah kami uji cobakan di beberapa sekolah yaitu program GSM. Di acara ini kami memamerkan apa yang ditawarkan dan yang telah dicapai oleh program GSM di sekolah-sekolah uji coba kami. Harapannya program GSM dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan di Indonesia,” katanya lagi.

Kegiatan yang berlangsung di Festival Pendidikan 2019 ini terkait dengan tema GSM. Ada lomba mewarnai dengan tema “Sekolahku Menyenangkan” untuk siswa siswi TK.

Baca juga: Dukung Pengembangan Pendidikan di BSD City, Sinar Mas Land Hadirkan GSM

Untuk siswa SD, ada lomba Inovasi Zona sesuai dengan konsep GSM. Siswa SMP mengikuti lomba Project Based Learning untuk menciptakan alat peraga pembelajaran dari bahan daur ulang. Sedangkan bagi siswa SMA, ada lomba pidato dengan tema “Paradigma Pendidikan”.

Terakhir, Pentas Bakat dan Prestasi yang dipentaskan oleh siswa SD dan SMP. Pentas ini menjadi daya tarik Festival Pendidikan 2019.

Bagikan: 465 kali