Biro Arsitek Norwegia, Voll Arkitekter Mendesain Gedung Berlantai 18 dengan Menggunakan Material Kayu yang Telah Diproses Khusus Seperti Cross-Laminated Timber dan Glued Laminated Timber (Foto: Rumah123/Dezeen)

Mjostarnet resmi menjadi bangunan dari kayu tertinggi di dunia. Pemberian “gelar” ini diberikan oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH). Lho, kok bangunan tinggi bisa dibuat dari material kayu?

Pastinya kamu kalau membayangkan bangunan dari material kayu adalah sekedar rumah. Kalau pun gedung, kayu dipadukan dengan beton atau besi.

Belakangan, arsitek dan insinyur sipil bisa membuktikan kalau bangunan tinggi bisa memanfaatkan material kayu. Sejumlah bangunan tinggi dari kayu sudah berdiri di beberapa negara.

Baca juga: India Pamer Patung Tertinggi di Dunia, Tingginya Setara Gedung 50 Lantai

Biro arsitek asal Norwegia, Voll Arkitekter mendesain Mjostarnet untuk AB Invest. Gedung ini merupakan hotel, kolam renang, perkantoran, dan restoran.

Bangunan yang memiliki tinggi 85,4 meter ini berada di Brumunddal, Norwegia. Brumunddal adalah kota kecil dengan penduduk hanya sekitar 8.700 jiwa.

Arsitek menggunakan cross-laminated timber (CLT) atau kayu yang telah diolah khusus. Sejumlah lembaran kayu direkatkan dengan lem khusus sehingga lebih kuat. Material ini membuat arsitek bisa membangun gedung tinggi dari kayu.

Baca juga: China Bakal Miliki Gedung Tertinggi Ketiga di Dunia, Tingginya 5 Kali Monas

Perusahaan spesialis kayu Moelven Limitre membangun gedung ini menggunakan cross-laminated timber, sementara untuk kolom atau struktur bangunan memakai material glued laminated timber (glulam).

Glulam merupakan proses yang nyaris mirip dengan CLT, namun bisa memakai kayu yang lebih kecil. Sejumlah kayu kecil dapat disatukan dan dilem sehingga menjadi lebih kuat.

Mjostarnet menjadi gedung dari kayu tertinggi di dunia setelah mengambil gelar tersebut dari Brock Commons Tallwood House di Vancouver, Kanada yang memiliki tinggi hanya 53 meter. Namun, gedung ini menggunakan campuran antara kayu dan beton.

Baca juga: Bandara Singapura Miliki Air Terjun Indoor Tertinggi di Dunia, Wah Kalah Nih Indonesia

Gedung dari kayu tertinggi lainnya adalah Treet di Bergen, Norwegia. Gedung ini juga sempat menjadi gedung dari kayu tertinggi di dunia dengan ketinggian 49 meter.

Hmm, kira-kira ada nggak ya developer yang berani membangun gedung tinggi di Indonesia dari material kayu? Kalau ada, kamu berani masuk ke dalamnya nggak?

Gedung Bernama Mjostarnet Ini Memiliki 18 Lantai dan Menjadi Bangunan dari Kayu Tertinggi di Dunia. Gedung Ini Merupakan Mixed Use yang Terdiri Dari Hotel, Perkantoran, Restoran, dan Kolam Renang (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 409 kali