Stadion Krestovsky yang Menjadi Salah Satu Stadion yang Menggelar Pertandingan Piala Dunia 2018 Rusia (Rumah123/Wikipedia)

Stadion Krestovsky ini memiliki banyak keunikan. Stadion ini berada di Pulau Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia. Atap stadion ini dapat dibuka dan ditutup.

Krestovsky juga memiliki nama lain yaitu Stadion Saint-Petersburg dan juga Zenit Arena. Stadion ini merupakan home base dari klub Liga Rusia, Zenit Saint Petersburg. Stadion ini menjadi salah satu stadion yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2018 Rusia.

Baca juga: Mimpi Bareng Yuk! Kapan Indonesia Punya Stadion Keren Kayak Gini?

Pembangunan stadion ini dimulai sejak 2007 silam dan baru selesai 2017 lalu. Pengerjaannya memang terlambat dan biayanya membengkak lebih dari lima kali lipat.

Biaya pembangunan stadion ini mencapai 1,1 miliar dollar AS (Rp15 triliun). Krestovsky pun menjadi salah satu stadion termahal di dunia.

Baca juga: Mau Hadir di Piala Dunia 2022? Ada Stadion Berbentuk Peci Lho

Arsitek asal Jepang, Kisho Kurokawa mendesain stadion ini. Desain Krestovksy ini mirip dengan Stadion Toyota di Toyota City, Jepang. Kebetulan Kurokawa juga mendesain stadion Toyota. Dia sudah meninggal pada 2007 lalu.

Krestovsky dijadwalkan akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan Piala Dunia 2018 Rusia. Empat di antaranya adalah penyisihan Grup A, B, E, dan D. Sisanya merupakan pertandingan babak 16 besar, semifinal, dan perebutan tempat ketiga.

Baca juga: Gagal ke Piala Dunia 2018, Timnas Belanda dan Italia Gak Bakal Main di Stadion Luzhniki

Tuan rumah Rusia akan tampil ketika bertemu Mesir dalam penyisihan Grup A. Dua negara besar lainnya, Argentina dan Brasil juga akan bermain di sini.

Brasil akan bertanding melawan Kosta Rika dalam penyisihan Grup E pada 22 Juni. Kira-kira berapa gol yang bakal dicetak oleh penyerang andalan Brasil, Neymar?

Baca juga: Cegah Serangan Teroris, Klub Bola Manchester United Pasang Barikade di Luar Stadion

Sedangkan Argentina akan bertemu Nigeria dalam penyisihan Grup D pada 26 Juni. Akankah Lionel Messi membawa kemenangan bagi Argentina?

Hmm, biaya pembangunan Krestovsky mencapai Rp15 triliun? Kalau di Indonesia, bisa bikin berapa stadion ya? Atau mungkin bisa bangun satu kompleks olah raga yang lengkap?

Bagikan: 1801 kali