OK

Gaya Shabby Chic Sebuah Hunian di Buah Batu

19 Juli 2022 · 2 min read · by Dharma Wijayanto

Gaya dekor Shabby Chic untuk hunian, saat ini sedang popular. Gaya ini biasanya mengaplikasikan warna pastel dan penggunaan bunga. Sedangkan interiornya menggunakan bahan-bahan bergaya klasik atau vintage.

Begitulah gaya dekor rumah dengan luas 125 meter persegi ini. Konsep hunian ini direncanakan dengan matang oleh Yunia Yuyun, sang pemilik rumah. Dia menceritakan bagaimana awalnya membuat rumah dengan konsep seperti ini sampai menghabiskan waktu selama 1,5 tahun.

Bermula dari perjalanannya ke negara-negara Eropa bersama suami, Yunia tertarik pada desain interior klasik bangunan-bangunan yang ada di sana. Kemudian sepulangnya dari sana, dia pun mulai memodifikasi rumahnya di kawasan Buah Batu, Bandung, Jawa Barat.

“Semenjak pulang dari sana, saya sama suami langsung hunting barang-barang klasik dan mulai bergabung dengan komunitas Shabby Chic yang ada di media sosial,” kata Yunia berbagi cerita dengan serunya.

Berbekal pengetahuan secara autodidak, perempuan yang berprofesi sebagai perancang busana muslim ini mulai mewujudkan rumah impiannya. Dimulai dari taman yang berada di tengah rumah dengan atap terbuka. Tujuannya, agar sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruangan bisa dengan leluasa, begitu juga dengan pencahayaannya.

Mengaplikasi interior bergaya klasik dan vintage, keselurahan ruangan di buat berwarna putih, hal ini dimaksudkan agar seluruh ruangan terlihat lebih luas meskipun berada di lahan sempit.

Untuk mempercantik dinding, Yunia memilih taman hias secara vertikal dan dipadukan dengan pot berwarna pastel. Selain itu, kursi dilapisinya dengan bahan kain putih berbahan linen dengan untaian renda di sekelilingnya. Alhasil, rumah impian yang dia idamkan pun terwujudlah!

Foto-foto dan teks: Rumah123/Dharma Wijayanto


Tag: , , , , , ,