Foto: Rumah123/IST
 

Setelah kebijakan ganjil-genap untuk kendaraan pribadi yang boleh lewat di jalan-jalan protokol Kota Jakarta, tak berapa lama lagi akan diberlakukan hal yang sama untuk ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jasa Marga akan menjadwalkan ganjil-genap untuk akses masuk Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur (arah Jakarta) pada Senin-Jumat, pukul 06.00-09.00 WIB, per 12 Maret 2018.

Nah, gimana? Kamu masih tetep lebih memilih punya kendaraan pribadi dulu ketimbang beli rumah? Bukannya lebih baik sebaliknya? Punya hunian dulu baru kemudian mikirin punya kendaraan pribadi. Kalau masalahnya gengsi, kebayang gak kamu punya kendaraan pribadi tapi pakenya sekali-sekali, sementara kalau hunian bisa kamu tinggali setiap kali?

Baca juga: Kalau Mau Punya Rumah Tuh, Milenial Mesti Punya Niat Lho

Itu kita baru ngomong dari sisi efektiivitasnya lho, gimana dari sisi finansialnya? Lebih menguntungkan yang mana: punya hunian ataukah punya kendaraan pribadi? Kalau punya hunian, harganya dari tahun ke tahun meningkat, sementara kalau punya kendaraan dari tahun ke tahun harganya turun. Lebih jelasnya, semisal hari ini kamu menjual rumah yang 5 tahun lalu kamu beli, harganya mungkin sudah meningkat 100%. Sementara kalau menjual kendaraan dengan umur yang sama mungkin harganya malah turun 50%. Betul ga?

Sulit punya hunian tuh ternyata tantangan generasi milenial di seluruh dunia. Hal ini pernah disampaikan Managing Director Savills Indonesia, Craig Williams, kepada Rumah123. Williams mengisahkan sulitnya milenial untuk mendapatkan hunian, termasuk di tempat asalnya, Australia. Jadi, ga hanya di Indonesia masalah ini ada, juga di kota-kota besar di Asia, Eropa, Australia, Amerika Serikat.

Baca juga: Incar Milenial, Adhi Persada Bangun 5 Proyek Andalannya Tahun Ini, Intip Yuk!

Seperti kita ketahui, harga properti semakin mahal. Sementara kaum milenial, rata-rata masih belum memiliki pendapatan yang cukup untuk membeli apartemen atau rumah tapak. “Tantangan yang sama, masalah yang serupa,” kata Williams lagi.

Belum lagi adanya sebuah studi tentang milenial yang menyebutkan bahwa mereka lebih mementingkan leisure dan traveling ketimbang beli hunian. Nah, kalau kamu masih berpikir beli mobil dulu daripada beli hunian, coba dipikir lagi deh!

Baca juga: 6 Hunian yang Cocok Buat Para Milenial, Mau Kan?

Daripada beli kendaraan pribadi, coba simak saran Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung, yakni generasi milenial harus memaksakan diri untuk membeli hunian. Sebagai batu loncatan, milenial bisa membeli apartemen yang berada di tengah kota dan dekat ke tempat beraktivitas. Jadi, ga terlalu perlu lagi kendaraan pribadi kan? Setelah pendapatan sudah lebih meningkat, barulah milenial memilih rumah tapak di pinggir kota yang lebih besar dan luas.

Nah, supaya bisa beli hunian, kamu harus memaksa diri mengurangi gaya hidup yang ga mendukung, terutama terkait traveling dan kepemilikan barang-barang lifestyle. Termasuk beli mobil tentunya. Awalnya, mungkin kamu susah memangkas gaya hidup tersebut. Namun, lama-lama kalau sudah terbiasa kamu pasti bisa menyesuaikan diri.

Bagikan: 1367 kali