Ilustrasi (Rumah123/Realestate.com.au)

Keinginan mengumpulkan uang muka alias down payment membeli rumah sepertinya susah banget ya. Meski ada juga yang mudah melakukannya.

Seringkali pertanyaan yang sama terlontar, bagaimana sih caranya untuk mengumpulkan uang muka? Banyak yang memberikan saran kalau kamu berinvestasi saham, reksadana, atau lainnya.

Baca juga: Siapa Bilang Generasi Milenial Susah Punya DP Rumah?

Buat kamu yang awam tentunya bakal berkerut kening. Wah, susah banget sih. Ada juga sih cara gampang seperti mencari pekerjaan tambahan.

Situs properti Trulia memberikan tips yaitu lima cara memperoleh down payment. Salah satu cara yang dilakukan adalah menghemat pengeluaran.

Baca juga: Kerja 100 Jam Seminggu Buat Nyicil Rumah? Truz Kapan Istirahatnya?

Pasti muncul lagi pertanyaan apalagi yang mesti dihemat? Nah, kalau kamu belum menjalankannya, mungkin kamu tidak menyadari kalau pengeluaran kamu memang boros.

Coba deh cek pengeluaran kamu, kalau ada beberapa hal yang bisa dihemat dan kamu bisa menambah tabungan untuk membayar DP. Yuk, kita lihat.

Baca juga: Pesan Buat Kaum Milenial: Beli Rumah Aja Dulu, Up Grade Kemudian!

Kalau kamu menghabiskan uang Rp50 ribu untuk membeli secangkir kopi dan sepotong roti untuk sarapan. Kamu bisa menghemat Rp 1 juta per bulan atau Rp12 juta per tahun. Ini dengan perhitungan sederhana 20 hari kerja.

Belum lagi, kalau kamu menghabiskan Rp100 ribu untuk makan siang. Berapa jumlah pengeluaran yang sebenarnya bisa dihemat.

Baca juga: Milenial Mau Punya Rumah? Atur Pengeluaran dan Punya Tabungan!

Kamu bisa mengurangi jumlah kunjungan ke cafe menjadi 1-2 kali seminggu saja. Sisanya, kamu bisa mencari alternatif sarapan yang lebih murah. Salah satunya membawa makan sendiri.

Hitung juga berapa pengeluaran untuk televisi kabel dan internet yang mencapai Rp500 ribu per bulan, pengeluaran berolahraga di gymnasium atau pusat kebugaran yang bisa menembus angka Rp500 ribu per bulan.

Baca juga: Kalau Milenial Mau Memaksa Menabung, Bisa Kok Punya Hunian

Nah, berapa yang bisa kamu hemat kalau meniadakan kedua hal ini. Berhenti saja langganan televisi kabel, toh waktu kamu lebih banyak dihabiskan di kantor dan berkumpul dengan teman, ketimbang menonton televisi.

Ngapain juga kamu berolahraga di gym? Lari pagi saja di taman atau saat car free day. Malah kamu bisa lebih banyak bertemu teman baru.

Baca juga: Menabung untuk DP Hunian Itu Ga Perlu Nunggu Kaya Kok, Ingat Ya Para Milenial

Liburan mahal juga harus dikurangi. Kalau kamu biasanya menghabiskan puluhan juta untuk liburan, coba alternatif liburan seperti staycation di dalam kota.

Pilihan lainnya adalah berlibur dengan memanfaatkan promo tiket pesawat, mencari penginapan murah ala Airbnb. Ya, wisata ala backpacker, malah lebih seru ketimbang hanya mengejar wisata mewah. Yang penting masih bisa berwisata kan? Dan yang lebih penting lagi, kamu bisa mengumpulkan DP.

Bagikan: 1622 kali