Biro Arsitek Asal Spanyol, Pico Colectivo Mendesain Ruang Publik di Atas Atap Bangunan (Foto: Rumah123/Designboom)

Biro arsitek asal Spanyol, Pico Colectivo mendesain sebuah ruang publik di atas sebuah gudang. Kurangnya ruang berkumpul, ruang terbuka dan bebas mengilhami pembuatan tempat ini.

Ruang berkumpul ini berada di bagian atap sebuah lembaga bernama Do It Yourself Institute yang berkantor pusat di ibu kota Spanyol, Madrid.

Tempat ini sebenarnya sederhana saja. Hanya seperti tempat duduk susun di atap. Beberapa bagian dari besi dipasang.

Baca juga: Kalau Punya Banyak Ruang Publik, Kamu Bisa Bermain dan Berkumpul Bersama

Tidak ada yang istimewa dari penambahan struktur ini. Namun, gagasan untuk memanfaatkan bagian ini memang patut dihargai.

“Di perkotaan di mana ruang kosong, bangunan, dan infrastruktur yang tidak digunakan bermunculan secara tidak masuk akal, ruang yang mewakili transformasi nyata tidak tersedia karena proses ini,” ujar Pico Colectivo seperti dikutip oleh Designboom.

“Sederhananya lantaran semua ini menjadi obyek dari kepentingan lain, spekulasi tanah, bisnis properti, dan semua bentuk aspirasi yang tidak terhubung dari kebutuhan sosial,” lanjutnya.

Baca juga: Pemprov DKI Bakal Sulap Kolong Jalan Layang Jadi Ruang Publik, Keren Kan

Pico Colectivo melanjutkan proyek ini membangun tambahan struktur yang menantang batasan dari bangunan, tetapi juga dari kebijakan urban dan perkotaan.

Menurut arsitek, saat semuanya dikendalikan, pasti ada kebutuhan yang muncul untuk mengatasinya. Hmm, seru juga ya kalau bisa nongkrong di atas atap.

By the way, banyak arsitek yang sudah memanfaatkan atap, kolong jalan, atau lainnya menjadi ruang publik. Kalau di tempat kamu tinggal, banyak ruang publik nggak?

Baca juga: Kalau Punya Banyak Ruang Publik, Kamu Bisa Bermain dan Berkumpul Bersama

Bagikan: 913 kali