Foto: Rumah123/Getty
 

Bulan Ramadan tiba, daftar undangan buka puasa bersama (Bukber) kamu mungkin udah panjang ya. Mulai dari teman SD, SMP, SMA, teman kuliah, teman kantor, famili dari keluarga pasangan kamu, famili dari ayah dan ibu. Pokoknya panjang deh daftarnya. Kalau kamu kebagian juga untuk bikin acara Bukber, kenapa gak didadakan di rumah aja? Bangga kan udah bisa beli rumah dan sekarang bisa mengundang teman atau famili untuk Bukber di rumah. Lagian kalau Bukber di luar rumah, bianya tempatnya selalu padat sehingga mengurangi kenyamanan silaturahim.

Gak usah ragu kalau kamu harus ketempatan acara Bukber di rumah. Yang penting kamu tahu hal-hal apa saja yang kudu disiapin. Apa saja sih? Cek lagi di yang berikut ini:

Pertama, tentunya rapikan rumah.

Selain rapi, jangan lupa untuk bersih-bersih di ruangan yang akan digunakan. Juga kamar mandi, jangan sekali-kali dilupakan. Para tamu kan ada yang perlu ke toilet selama acara Bukber berlangsung.

Kamu bisa mengganti gorden dan sarung bantal sofa kalau memang ada cadangannya. Kalau gak ada, cukup kamu mencucinya aja supaya bersih.

Baca juga: 7 Hal yang Bikin Ruang Makanmu Nyaman, Catat Ya!

Jangan biarkan ada bagian rumah yang kelihatan berantakan. Rumah yang nyaman dan enak dipandang tentunya bikin para tamu nyaman dan senang. Sebaliknya, rumah yang berantakan akan memberikan kesan yang tidak menyenangkan di benak tamumu.

Kedua, makanan yang mau disajikan.

Rencanakan makanan dan minuman yang akan kamu sajikan. Bisa kamu memasaknya sendiri atau beli jadi. Kalau kamu memilih untuk memasaknya sendiri, jangan lupa membersihkan dapurmu setelah memasak.

Pel lantai dapur dan bersihkan sisa minyak bekas memasak di sekitar kompor. Bila perlu, semprotkan pengharum ruangan agar tidak ada bau bekas memasak tersisa.

Baca juga: Pilih-Pilih Meja Makan

Ketiga, kalau ruangan gak cukup lapang.

Jika tamu Bukber di rumah kamu cukup banyak dan gak cukup lapang di dalam rumah, manfaatkan aja teras rumah. Kalau kamu puny ataman berumput, pastikan memangkas rumput yang sudah tinggi dan tanaman yang gak terawat.

Beri ruangan sentuhan Ramadan semisal gambar kabah atau kaligrafi. Bisa juga kamu tambahkan lampu atau bantal-bantal sofa yang berdesain khas Timur Tengah, semisal gaya Maroko. Memajang kurma di wadah yang diletakkan di atas meja juga bisa menambah suasana Ramadan.

Bagikan: 1005 kali