Ilustrasi Milenial (Rumah123/Realestate.com.au)

Kapan ya bisa punya rumah? Nah, buat kamu yang baru menikah pasti memimpikan punya rumah sendiri. Tentunya, kamu nggak pengen hidup satu atap dengan mertua atau orang tua kan?

Begitu juga dengan kamu yang sudah menjadi mom and dad, kamu pasti pengen punya rumah sendiri. Tidak lagi tinggal di rumah petak yang sempit kan?

Baca juga: Ternyata Bukan Cuma Generasi Milenial yang Kesulitan Punya DP Rumah, Pasti Ga Percaya!

Truz gimana dong buat punya hunian sendiri? Kapan sih generasi milenial bisa punya rumah atau apartemen sendiri?

“Targetkan punya rumah. Pastikan punya sisa dari penghasilan, kalau nggak ada target, nggak akan tercapai. Kasih tenggat waktu, kapan? Kalau nggak, jadinya kapan-kapan,” ujar perencana keuangan Kaukabus Syarqiah CFP kepada Rumah123 beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mau Jadi Rentvestor? Kayaknya Cocok Buat Milenial Nih!

Kaukabus yang akrab disapa Kiki ini menyatakan generasi milenial harus memberikan target kapan harus punya rumah. Tentukan waktunya kapan bisa beli rumah atau apartemen.

Kaum milenial harus mengatur penghasilan dan juga pengeluaran. Ada pengeluaran untuk konsumsi, investasi, dan juga tabungan.

Baca juga: Bangkrut Karena Gagal Jadi Selebgram? Coba Ikutan Investasi Properti

Pembelian hunian termasuk dalam pos investasi. Paling tidak besaran antara 30 hingga 35 persen dari penghasilan bulanan.

Kalau kamu memiliki penghasilan Rp5 juta per bulan, paling tidak Rp1,5 juta hingga Rp1,75 juta disisihkan untuk cicilan hunian. Untuk cicilan apartemen di Jakarta masih cukup lho.

Baca juga: Siapa yang Lebih Jago Investasi Properti? Cowok atau Cewek?

Untuk properti pertama, lebih baik kamu membeli apartemen lantaran harga biasanya masih terjangkau dan lokasinya masih di Jakarta. Selanjutnya, kalau mau up grade, rumah tapak menjadi pilihan.

Sebelum mencicil hunian, tentunya kamu harus memiliki uang muka. Kalau kamu hanya bisa menyisihkan Rp1,5 juta per bulan, maka dalam satu tahun kamu hanya bisa mengumpulkan Rp18 juta. Ini belum menghitung tunjangan hari raya atau bonus lho.

Baca juga: Berkat Investasi Properti dan Menabung, Generasi Milenial Ini Bisa Jadi Miliarder

Uang sebesar Rp18 juta belum cukup untuk down payment (DP) atau uang muka. Kalau kamu membeli apartemen Rp400 juta, maka uang mukanya bisa mencapai Rp80 juta atau 20 persen dari harga.

Kamu masih kekurangan Rp62 juta lebih untuk uang muka. Wah, gimana dong untuk menutupi kekurangannya? Masih kurang banyak malah.

Baca juga: Milenial Berani Minta Kenaikan Gaji. Nah, Sudah Berani Investasi Properti Belum?

Kaukabus memberikan solusi dengan memiliki pekerjaan sampingan. Setelah pulang kantor atau weekend, dapat dimanfaatkan untuk bekerja mencari uang tambahan.

Kamu bisa menetapkan target kapan bisa mengumpulkan uang muka, melakukan riset hunian, hingga siap mencicil hunian. Kalau kamu tidak melakukan semua ini, ya kapan kamu hunian kan? Ya, kapan-kapan jawabannya.

Bagikan: 1524 kali