Kamu membutuhkan data nomor Kartu Keluarga terbaru, tapi berhalangan pergi ke Dukcapil? Cukup ikuti cara cek KK online yang mudah ini saja!

Syarat pindah KK Sumber: Kompas.com

Informasi yang terdapat di dalam Kartu Keluarga (KK) banyak digunakan untuk keperluan administrasi formal dan non formal. 

Dokumen berbentuk lembaran berwarna biru ini kerap mengalami perubahan informasi yang tentunya membuat kamu harus melakukan pengecekan secara rutin. 

Beruntungnya, sama seperti cara pembuatan KTP yang sudah bisa dilakukan secara daring, begitupun dengan cek KK online yang cukup menggunakan bantuan gadget

Simak pembahasannya berikut!

Cara Cek KK Online, Praktis Cukup Pakai HP 

Kini kamu bisa cek Kartu Keluarga (KK) secara online hanya dengan menggunakan bantuan gadget seperti HP atau laptop dengan menggunakan beragam media. 

Intip ulasan lengkapnya di bawah!

Cek KK Online Lewat Situs Resmi Pemerintah

Metode pertama yang bisa kamu lakukan untuk cari nomor Kartu Keluarga online bisa lewat website pemerintah pusat dan daerah. 

Seperti ini langkah-langkahnya: 

1. Akses ke situs https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/ memakai aplikasi browser di HP atau laptop. 

2. Lalu, masukkan nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftar, kode sandi, dan isi captcha pengaman yang ditampilkan di layar. 

3. Kalau kamu belum pernah mendaftarkan akun sebelumnya, pindah ke menu daftar dan isi formulir yang disediakan, kemudian pastikan semuanya sudah sesuai dengan ketentuan yang diminta.

4. Saat sudah selesai, cukup masuk ke menu awal dan masukkan NIK e-KTP pada kolom yang sudah tersedia.

5. Informasi Kartu Keluarga kamu akan muncul secara lengkap di sana.

Tidak hanya lewat situs resmi milik pemerintah pusat saja, beberapa pemerintah daerah juga menyediakan layanan cara mengecek KK online mandiri yang bisa kamu manfaatkan.

Berikut beberapa website untuk cek KK online dari pemerintah daerah: 

- Bandung – https://disdukcapil.bandung.go.id/cari-biodata - Batam – https://disdukcapilbisa.batam.go.id/periksa/nokk - Kalimantan Barat – https://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk - Sragen – http://dukcapil.sragenkab.go.id/informasi/cek_kk - Tangerang – https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/ - Tegalhttps://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_kk - D.I. Yogyakarta - https://kependudukan.jogjaprov.go.id/keluarga.hack  - Surabaya - http://dispendukcapil.surabaya.go.id/ceknik_sby/  - Medan - https://sibisa.pemkomedan.go.id/

Cara Cek KK Online Via SMS dan WhatsApp 

Buat kamu kamu yang ingin cek nomor Kartu Keluarga dengan metode lain selain situs, bisa menggunakan alternatif SMS atau WhatsApp. 

Cukup ketik Cek#KTP#NIK dan kirim SMS ke nomor 0815-3636-9999 (Disdukcapil Kemendagri). 

Untuk kamu yang ingin cari nomor Kartu Keluarga online lewat WhatsApp bisa mengirim informasi berupa nama lengkap sesuai yang tertera di KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota ke 0813-2691-2479 (Disdukcapil Kemendagri).

Setelah mengirimkan pesan, kamu tinggal menunggu balasan yang biasanya akan memakan waktu beberapa menit tergantung waktu operasional dan kesibukan sistem pada saat itu. 

Cara Cek Kartu Keluarga Lewat FB dan Twitter 

Kemudahan yang diberikan oleh administrasi berbekal teknologi masa kini juga bisa membantumu untuk cek KK online lewat media sosial Facebook dan Twitter.

Akun resmi yang bisa kamu tuju untuk Facebook adalah Halo Dukcapil dan Twitter di @ccdukcapil. 

Tata cara cek nomor KK melalui media sosial dilakukan dengan mengirimkan pesan dalam format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor Kartu Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan melalui direct message

Tujuannya supaya kamu bisa terlindungi dari peretasan dan kebocoran data pribadi dari pengguna lainnya. 

Cara Cek KK Online Via Surat Elektronik 

Satu lagi metode cek Kartu Keluarga yang mudah dan dan praktis menggunakan bantuan e-mail atau surat elektronik dengan alamat pengiriman ke callcenter.dukcapil@gmail.com. 

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, kamu perlu mengirimkan e-mail dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor Kartu Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan kolom subjek dan badan surel. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di Sentraland Boulevard!

Bagikan:
4296 kali