Foto: Rumah123/iStock
   

Emang kamu udah punya apa? Eits! Ga perlu tersinggung dengan pertanyaan tersebut. Kamu udah punya apa? Itu emang pertanyaan yang bikin sebel. Tapi… coba deh, kamu udah kerja berapa lama? Udah punya rumah atau belum? Kalau tabungan punya ga? Kalau dua pertanyaan itu kamu jawab “Belum” ya kayaknya ada yang ga beres tuh.

Ini beneran lho cerita nyata. Ada milenial umur 30 tahun, penghasilannya Rp30 juta sebulan, tapi ga punya apa-apa. Asli ga punya apa-apa. Rumah ga punya dan saldo tabungannya nyaris nol dari bulan ke bulan. Ternyata karier gemilang yang dicapainya ga berbuah apa-apa. Kok bisa?

Baca juga: Duh, Si Penjahat di Black Panther Ternyata Masih Tinggal sama Orang Tua

Usut punya usut, ternyata cara hidup si milenial tersebut yang bikin dia kere. Boroskah dia? Ga juga sih, barang-barang yang dia pake bukan branded. Tinggal pun masih sama ortu karena dia belum menikah. Karena tinggal sama ortu itulah dia jadi merasa ga urgen buat beli rumah. Karena ga berencana beli rumah, maka dia ga terdesak untuk punya tabungan. Jadi, gaji dia yang puluhan juta itu buat apa aja?

Ternyata duit sang lajang ini abis buat nongkrong-nongkrong sama teman-temannya dan kebiasaan traveling seru yang memicu adrenalinnya. Tau kan jenis traveling yang gitu-gitu kan emang muahal yak! Belum lagi dia punya utang kartu kredit yang ga kekontrol. Nah, itu!

Baca juga: Mending Terpaksa Beli Rumah, Ketimbang Tinggal Ama Mertua

Kalau cerita kamu persis si milenial kere itu, ayo bangun! Bangun! Kamu bukannya ga berpenghasilan kan? Kamu punya duit! Kamu harus bisa beli rumah sambil tetap bisa senang-senang. Malah setelah punya satu rumah, kalau gaji kamu sebanyak milenial itu ya bisa beli rumah kedua, ketiga, dan seterusnya. Kalau sekarang, kamu udah punya apa?

Bagikan: 986 kali