Pembatalan tiket kereta api akan dikembalikan 100% oleh PT KAI. Tapi, pastikan kamu mengikuti prosedur dan ketentuan berikut ini!

Pembatalan Tiket Kereta Api - Rumah123.com Begini prosedur pembatalan tiket kereta api untuk kamu yang gagal mudik - Rumah123.com

Bulan suci Ramadan segera tiba, dan seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak orang yang sudah berbondong-bondong merencanakan mudik.

Mudik memang sudah menjadi tradisi yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia ketika Ramadan. 

Tak heran, sejak tanggal 14 Februari lalu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menjual tiket untuk mudik Lebaran. 

Sayangnya, karena wabah corona yang semakin mengkhawatirkan, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik demi mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto. 

"Ramadan sebentar lagi kita akan hadapi, sudah barang tentu kita rindu pulang ke kampung namun yang lebih penting kita jaga kampung kita agar tetap sehat. Oleh karena itu sebaiknya tidak melakukan perjalanan jauh, sebaiknya tidak melakukan mudik," ujarnya.

PT KAI mengembalikan dana 100% untuk pembatalan tiket kereta api

Dilansir dari Kompas.com, PT KAI mendukung kebijakan tersebut dengan membatalkan 44 perjalanan kereta api (KA) untuk keberangkatan 1 April hingga 1 Mei 2020 dari Stasiun Jakarta Kota, Pasar Senen, dan Gambir. 

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan bahwa pembatalan itu dilakukan guna mencegah penyebaran COVID-19 dan juga karena menurunnya jumlah penumpang KA yang mencapai 80 persen.

PT KAI hingga saat ini masih melayani pengembalian dana 100 persen untuk calon penumpang kereta api (KA) yang telah melakukan pemesanan tiket. 

Pengembalian dana 100 persen tidak hanya berlaku bagi penumpang yang terdampak pengurangan perjalanan KA yang dilakukan KAI. 

Penumpang lain yang juga ingin membatalkan sendiri selama perjalanannya dalam rentang waktu 23 Maret hingga 29 Mei 2020 juga akan mendapatkan pengembalian dana 100 persen.

Ketentuan yang harus diperhatikan dalam pembatalan tiket kereta api

Dilansir dari Republika, VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan menjelaskan sejumlah ketentuan bagi calon penumpang yang mau memproses pengembalian dana. Baik itu dibatalkan karena keinginan sendiri, maupun karena pemberangkatan yang dibatalkan KAI. 

Apabila pembatalan tiket kereta api karena keinginan sendiri:

Menurut Yuskal, bagi penumpang yang ingin membatalkan tiket sesuai keinginan sendiri, bisa melakukannya secara online melalui aplikasi KAI Access atau langsung melalui stasiun pembatalan.

Proses pembatalan melalui aplikasi paling lambat dilakukan tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Sedangkan jika pembatalan dilakukan melalui stasiun, maksimal dilakukan 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Pembatalan pun hanya bisa dilakukan di stasiun yang ditunjuk.

Baik pembatalan dilakukan melalui aplikasi atau pun langsung di stasiun, uang akan ditransfer setelah 30 sampai 45 hari kerja setelah proses pembatalan.

Baca juga: Bolehkah Keluarga Ikut Menguburkan Jenazah Pasien Corona?

Apabila pembatalan tiket kereta api karena keberangkatan dibatalkan PT KAI:

Sementara itu, bagi jadwal pemberangkatan yang dibatalkan KAI, penumpang akan dihubungi oleh contact center KAI 121 untuk diberikan arahan. 

Penumpang yang jadwalnya dibatalkan juga bisa mengurus pembatalan melalui aplikasi KAI Access maksimal tiga jam sebelum keberangkatan dan uang ditransfer setelah 30 sampai 45 hari kerja.

Jika sudah melebihi waktu pemberangkatan namun penumpang yang perjalanannya dibatalkan KAI belum mengurusnya, tetap bisa mendapatkan pengembalian 100 persen. 

"Ini bisa dilakukan hanya di semua stasiun jarak jauh dan lokal, maksimal hingga 30 hari setelah jadwal keberangkatan dan uang dikembalikan langsung tunai," ungkap Yuskal.

Yuskal menambahkan khusus penumpang yang jadwalnya dibatalkan KAI dapat mengurus pengembalian dana di semua stasiun keberangkatan KA jarak jauh dan lokal mulai 1 April 2020, hingga maksimal 30 hari setelah tanggal keberangkatan yang tertera di tiket.

Baca juga: Ekonomi Lesu, Ini 8 Peluang Bisnis Baru yang Bisa Dilakukan Selama Corona

Prosedur pembatalan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access

1. Unduh aplikasi KAI Access di ponselmu

Belum punya aplikasi KAI Access? Unduh terlebih dahulu aplikasi ini di ponselmu melalui Google Play Store atau App Store. 

Lalu, buat akunmu terlebih dahulu dengan mengikuti arahan pada aplikasi tersebut.

2. Pilih menu My Trips

Setelah masuk ke aplikasi, pilih menu My Tips dan pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan.

Tiket yang dibeli melalui channel eksternal, misalnya Traveloka, Tokopedia, gerai Alfamart, Indomaret, Alfamidi, kantor pos, Tiket.com, dan lainnya juga bisa dilakukan pembatalan tiket di KAI Access. Syaratnya, satu di antara nomor identitas dalam tiket, sesuai dengan nomor identitas akun KAI Access yang telah terdaftar.

3. Pilih menu E-Ticket

Pada menu E-Ticket, klik "Pembatalan". Tombol "Pembatalan" hanya bisa dipilih jika kode booking berstatus LUNAS/PAID dan maksimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.

4. Pilih nama penumpang

Usai proses tersebut, kamu bisa memilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket kereta api. 

Baca halaman syarat dan ketentuan, kemudian centang untuk setuju. 

Lanjutkan proses pembatalan tiket dengan memasukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian bea (refund), dan lanjutkan proses pembatalan.

5. Konfirmasi pembatalan tiket 

Berikutnya, konfirmasi pembatalan tiket perjalanan sesuai dengan yang telah kamu pilih pada tahap sebelumnya. 

Kemudian, klik tombol 'Konfirmasi dan Lanjutkan' pada halaman konfirmasi pembatalan. 

Pastikan bahwa kamu yakin untuk melakukan pembatalan tiket. 

6. Proses pengembalian tiket berhasil

Setelah melalui tahapan tersebut, maka proses pembatalan tiket KA telah berhasil kamu lakukan.

Detail syarat dan ketentuan pembatalan melalui aplikasi KAI Access dapat dibaca pada kolom "Syarat dan Ketentuan Pembatalan Secara Online" di nomor 4.

7. Tunggu pengembalian dana

PT KAI akan mengembalikan dana tiket (refund) seratus persen langsung ke nomor rekening yang telah kamu daftarkan. Pengembalian dana tiket ini membutuhkan waktu 30-45 hari.

Pengembalian bea hanya melalui transfer bank ke satu penumpang dalam kode booking tersebut. 

Maka dari itu, pastikan nomor rekening dan nama pemohon pembatalan sama dengan nama yang terdaftar pada buku Rekening Bank Pemohon.

Bagikan:
2212 kali