Ibu Kota China, Beijing Menjadi Kawasan dengan Jumlah Orang Super Kaya Terbanyak di Dunia. Ada 103 Orang Super Tajir yang Tinggal di Kota Ini (Foto: Rumah123/Nzte.Govt.Nz)

China menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia, gaes. Jangan heran kalau jumlah orang tajir melintir di negeri ini bertambah banyak. Beijing dan Hong Kong menjadi kota tempat tinggal “horang kayah” di China.

Hurun Global Rich List melansir jumlah orang super kaya di dunia. Ada penurunan jumlah dalam daftar sebanyak 430 orang.

Pasar modal yang bergejolak dan menguatnya dollar Amerika Serikat menjadi faktor yang menurunkan jumlah populasi orang tajir di dunia. Meski begitu, ada sejumlah muka baru yang bergabung dalam daftar orang kaya. Ada 201 orang kaya baru yang masuk daftar.

Baca juga: Bos Amazon Jeff Bezos Punya Kekayaan Rp1.937 Triliun, Truz Rumahnya Ada Berapa

“Performa pasar saham yang buruk dan apresiasi dollar menjadi alasan utama menurunnya jumlah orang kaya pada tahun ini,” ujar Rupert Hoogewerf kepada Mansion Global. Dia adalah founder dan lead researcher Hurun Institute.

Dalam daftar, ada 2.470 orang super kaya dari 67 negara. Kekayaan mereka ini dikalkulasikan dalam nilai tukar USD pada 31 Januari 2019.

Total kekayaan semua orang tajir mengalami penurunan mencapai USD 950 miliar (Rp13.409 triliun) atau 9 persen menjadi USD 9,6 triliun (Rp135.504 triliun). Hadeuh, banyak amat sih 0-nya.

Baca juga: Berencana Pensiun, Pria Ini Beli Tanah Seluas Provinsi Banten

Meski ada sejumlah hal yang membuat jumlah orang kaya menurun, tetapi Amerika Serikat menyumbang 13 orang tajir baru. Sementara China yang ekonominya melambat malah bisa memasukkan 52 orang kaya baru.

Menurut daftar Hurun, ada 658 orang super kaya yang tinggal di China, 584 orang tajir melintir di Amerika Serikat, dan 117 “horang kayah” di Jerman.

Untuk level kota, ibu kota China, Beijing menjadi area dengan populasi orang super kaya terbanyak di dunia dengan 103 orang. New York, Amerika Serikat berada di posisi kedua dengan 92 orang. Sementara Hong Kong, kawasan khusus ekonomi di China berada di peringkat tiga dengan 69 orang.

Baca juga: Di Mana Sih Crazy Rich Asians Tinggal

Bagikan: 3074 kali