Ilustrasi Hujan (Foto: Rumah123/Foxnews)

Angin kencang dan hujan lebat masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada awal Januari 2019 ini. Hati-hati ya gaes. Jangan lupa untuk mengecek rumah kamu.

Kompas.com mengutip pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memberitahukan peringatan adanya potensi angin kencang yang terjadi di beberapa kawasan di tanah air.

BMKG memantau beberapa bibit siklon di Laut China Selatan, Teluk Carpentaria (Australia), dan Samudera Hindia. Dari ketiganya, bisa menyebabkan potensi peningkatan kecepatan angin, ketinggian gelombang laut, dan hujan lebat di beberapa wilayah.

Baca juga: Hati-Hati Gaes, Jakarta Dibayangi Cuaca Ekstrem dalam Satu Pekan ke Depan

Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat berpotensi mengalami dampak angin kencang dan hujan lebat. Buat kamu yang tinggal di tiga provinsi, hati-hati ya gaes.

Masih inget dong dengan insiden puting beliung yang terjadi di Bogor, Jawa Barat pada Desember 2018. Lantas ada angin kencang yang melanda kawasan bisnis Kuningan, Jakarta Selatan tidak lama berselang. Peristiwa serupa juga terjadi di Bekasi, Jawa Barat.

Dampak kerusakannya begitu parah kan? Ada ribuan rumah yang rusak di Bogor. Sementara sebuah pusat jajanan di Jakarta juga hancur.

Baca juga: Bangunan Berusia 117 Tahun Runtuh Karena Hujan Deras, Hati-hati Ya Kalau Musim Hujan

Nah, sekarang coba deh kamu cek kondisi rumah kamu. Apakah ada potensi kalau atap bakal rusak jika terkena angin kencang atau puting beliung.

Segera cari tukang bangunan untuk melihat kondisi atap rumah. Perkuat dan perbaiki atap rumah sebelum angin kencang dan hujan lebat datang.

Selalu lakukan tindakan preventif ya gaes. By the way, selama musim hujan ini, kamu harus selalu waspada lho.

Baca juga: Angin Kencang Masih Jadi Ancaman, Periksa Rumah Kamu Ya Gaes

Bagikan: 1533 kali