Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan (Rumah123/Instagram Raditya Dika-Brilio)

Kalau tinggal di DKI Jakarta, nggak usah heran kalau taman pemakaman umum (TPU) alias kuburan berdekatan dengan perumahan, atau malah mungkin berdempetan.

Malah ada kuburan yang kemudian digusur dan dialihfungsikan menjadi jalan, apartemen, dan lainnya. Kira-kira serem nggak sih kalau tinggal dekat kuburan?

Baca juga: Rumah Dekat Kuburan Harganya Justru Tinggi, Loh Kok?

Cipto (57 tahun), seorang pensiunan pegawai negeri sipil sudah tinggal cukup lama di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Rumahnya berdekatan dengan kuburan warga.

Kuburan ini memang tidak terlalu besar, namun citra sebagai “rumah” orang yang sudah meninggal biasanya membuat takut orang. Meski begitu, dia mengaku tidak ngeri kalau rumahnya hanya berjarak beberapa meter dari kuburan.

Baca juga: Rumah Dekat Kuburan, Siapa Takut?

“Gak juga. Kalau ada penampakan yang tinggal dibacakan doa,” ujar Cipto kepada Rumah123. Dia sendiri mengaku tidak pernah melihat penampakan.

“Kalau rumah dekat kuburan, nggak usah mikir yang horor. Anggap aja udah jadi teman, oke,” kata Cipto sambil bercanda.

Baca juga: Belajar dari Pengabdi Setan, Pintu Rumah Lebih dari Satu, Perlu Gak Sih?

Iskandar (40) juga pernah mengalami masa-masa tinggal berdekatan dengan kuburan. Saat itu, dia masih tinggal di rumah orang tuanya di daerah Perintis Kemerdekaan, Jakarta Utara.

“Kalau saya sih alhamdulillah belum pernah lihat,” ujarnya. Dia menyatakan belum pernah melihat penampakan mahluk halus.

Baca juga: Gara-gara Hantu, Presiden Brasil Kabur dari Istana!

“Tapi, ada tetangga yang sering lihat. Bunyi suara-suara aneh gitu kalau malam,” katanya. Dia juga menceritakan remaja yang berpacaran dekat kuburan sering kali diganggu. Tidak hanya itu, orang yang pulang malam pun kerap diganggu oleh suara misterius.

Namun demikian, dia menyatakan kalau masyarakat sekitar sudah terbiasa dengan keberadaan kuburan yang sudah ada sejak lama ini. Hanya saja, dia memang tidak memungkiri jika orang kesulitan untuk menjual rumahnya. “Iya, susah karena takut pembelinya, hehehe,” ujarnya lagi.

Baca juga: Yuk, Tengok Rumah Berdesain Burung Hantu di Korea Selatan

Hmm, kayaknya udak nggak jaman lagi deh kalau kamu takut tinggal dekat kuburan. Apalagi rumah dengan kuburan di Jakarta toh masih rame, nggak kayak rumah Pengabdi Setan.

Kalau rumah kamu kayak rumah film Pengabdi Setan, nah baru deh kamu ketakutan setengah mati untuk tinggal satu malam saja.

Bagikan:
2834 kali