Ilustrasi Renovasi Rumah (Rumah123/Apartment Therapy)

Jika kamu punya rumah baru, tentunya menyenangkan. Cat masih kinclong, saluran air belum mampet, taman masih terawat, dan banyak lagi.

Namun, setelah satu dua tahun saja, sudah ada yang mulai rusak. Ada air yang merembes dari dinding, air menggenang pada saluran air, cat mengelupas, dan lainnya.

Baca juga: Mau DP, KPR, dan Renovasi Rumah? Gampang, Ada BPJS Ketenagakerjaan Lho

Jadi bayangkan kalau rumah berusia lebih dari lima tahun. Dan perkirakan juga seandainya rumah sudah berusia lebih dari sepuluh tahun.

Rumah membutuhkan perawatan berkala. Rumah kamu bakal mulai rusak secara perlahan. Jangankan rumah, kamu saja memerlukan perawatan tubuh kan? Kalau tidak dirawat, apa yang akan terjadi?

Baca juga: Beli, Renovasi, Jual Lebih Mahal? Mau Ikutan Jadi Flipper Ga?

Perawatan rumah sebenarnya mudah, namun tidak dipungkiri kalau memerlukan banyak biaya. Financial planner Kaukabus Syarqiah CFP pernah mengatakan kepada Rumah123 kalau pemilik rumah harus memiliki dana renovasi 10% dari harga rumah.

Kalau rumah kamu berharga Rp500 juta, maka kamu harus menyediakan Rp50 juta untuk perawatan rumah. Dana ini di luar budget lainnya ya.

Baca juga: Renovasi Zaman NOW yang Bisa Bikin Rumah Terjual Lebih Mahal

Pusing kalau harus memiliki dana besar untuk perawatan atau renovasi rumah? Sudah jelas. Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh situs keuangan dan investasi Nerdwallet terungkap kalau kepemilikan rumah ternyata bikin orang khawatir.

Hampir dua pertiga atau 65% pemilik rumah memiliki pengalaman khawatir terkair rumah mereka. Sebanyak 75% mengaku kalau kekhawatiran ini karena disebabkan oleh biaya perawatan dan renovasi rumah yang tidak diduga.

Baca juga: Beli Rumah Murah, Renovasi, Jual, Truz Milenial Bisa Beli Hunian Impian

Sebenarnya, kalau kamu khawatir ya wajar saja sih. Tetapi, kamu juga harus bisa bersiap kalau biaya perawatan rumah memang mahal.

Untuk menekan biaya perawatan rumah ya sejatinya mudah. Coba deh kamu cek seluruh rumah kamu secara berkala, satu minggu atau satu bulan sekali. Kalau ada kerusakan, biasanya masih kecil dan tidak memerlukan biaya besar.

Baca juga: Renovasi yang Bikin Rumah Berlimpah Cahaya Matahari

Setelah beberapa tahun, beberapa bagian rumah memang harus diperbaiki. Kamu harus menyisihkan uang untuk renovasi tersebut.

Punya rumah itu kebanggaan lho, makanya kamu harus merawat dan punya dana perawatan. Jadi nggak perlu pusing lagi kan?

Bagikan: 951 kali