Ilustrasi Budget Hotel (Foto: Rumah123/REA Group Australia)

Jasa Marga Properti akan membangun hotel budget di tiga rest area Jalan Tol Trans Jawa. Fasilitas ini disediakan untuk memenuhi aspek keselamatan dan kenyamanan para pengguna jalan tol.

Ketika beristirahat di rest area, pengguna jalan tol tidak hanya makan, minum, shalat, atau mengisi bahan bakar, tetapi juga bisa beristirahat di hotel ini.

Hotel tersebut direncanakan berada di ruas Jalan Tol Batang-Semarang, Solo-Ngawi, dan Mojokerto-Surabaya. Jasa Marga Properti menyiapkan dana Rp90 miliar untuk pembangunan tiga hotel.

Baca juga: Setelah Mangkrak Lama, Tol Bocimi Seksi 1 Ciawi-Cigombong Beroperasi Juga

“Untuk saat ini kami baru melihat tiga rest area dari total 30 rest area di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa yang dikelola Jasa Marga. Itu intervalnya per 200 kilometer. Investasi Rp 30 miliar per hotel,” ujar Direktur Utama Jasa Marga Properti, Irwan Sumadiyo seperti dikutip oleh Kompas.com.

Tiga tempat peristirahatan tersebut dianggap memenuhi persyaratan. Kebetulan, rest area tersebut memiliki luas enam hektare, sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengenai tempat istirahat dan pelayanan di jalan tol.

Menurut General Manager Tempat Istirahat dan Pelayanan Jasa Marga Properti Hubby Ramdhani menyatakan tiga tempat ini hanya bisa memenuhi persyaratan.

Baca juga:  Empat Jalan Tol Dibuka Pada Akhir 2018, Enak Nih Kalau Liburan Akhir Tahun

Setiap hotel akan memiliki masing-masing 90 kamar. Tarif yang dikenakan adalah Rp300.000 dengan masa tinggal maksimal enam jam. Jasa Marga Properti bakal membuat unit usaha operator hotel dengan brand sendiri. Unit usaha ini akan mengelola tiga hotel tersebut.

“Kami targetkan hotel ini mulai beroperasi akhir 2019 mendatang. Saat ini perizinan masih dalam proses,” kata Irwan lagi.

Nah, buat kamu yang akan menggunakan Jalan Tol Trans Jawa untuk mudik atau liburan, jangan maksa buat jalan non stop ya. Kalau ada rest area, segera berhenti untuk istirahat. Jika sudah ada hotel, istirahat selama enam jam pastinya cukup sebelum melanjutkan perjalanan.

Baca juga:  Sebelum Masuk Tol Trans Jawa, Pastikan Saldo E-Toll Masih Banyak

Bagikan: 1532 kali