Ilustrasi Membersihkan Rumah (Rumah123/Apartment Therapy)

Asisten rumah tangga nggak balik usai Lebaran? Ah, ini biasa banget buat kamu yang sudah berumah tangga. Malah mungkin kamu mengalaminya setiap tahun.

Beragam alasan diutarakan oleh asisten rumah tangga saat memutuskan resign. Biasanya sih alasan klasiknya orang tua sakit.

Baca juga: Awas, Antrian Cuci Piring di Dapur Selama Lebaran

Bagi kamu yang berstatus working mom, kamu bakal bingung di mana harus menitipkan putra putri. Sementara bagi kamu yang berstatus full time mom, kamu akan pusing tujuh keliling siapa yang akan membantu pekerjaan rumah tangga.

Asisten rumah tangga memang dibutuhkan apalagi kalau kamu masih memiliki balita. Nggak usah pusing untuk mencari ART pengganti. Banyak jalan menuju Roma eh mencari ART baru. Jadi nggak usah pakai drama ya.

Baca juga: Ga Usah Panik Kalau ART Mudik

Pertama, mencari lewat yayasan penyalur ART. Hal ini yang paling mudah bukan? Sering melihat iklan agen atau yayasan penyalur asisten rumah tangga atau pengasuh anak?

Kamu bisa mendatangi agen. Kamu bisa mengecek identitas ART atau pengasuh anak. Biasanya stok ART yang tersedia cukup banyak kok.

Baca juga: Wah, ART Belum Balik? Ah, Biasa Aja Dong

Kedua, bertanya kepada ART tetangga. Pernah terpikir untuk melakukan hal ini? Mungkin belum, padahal cara ini bisa terbilang ampuh lho.

Biasanya ART memiliki teman sekampung yang sedang mencari kerja atau bosan di tempat bekerja yang lama. Kalau kamu sedang mencari pembantu baru, ART tetangga bisa menginformasikan kepada temannya.

Baca juga: Begini Caranya Supaya Si Mbak Balik Lagi Setelah Lebaran

Ketiga, bertanya kepada kerabat atau sahabat. Kamu bisa menempuh cara klasik ini lho. Kamu bisa bertanya kepada orang tua, mertua, kakak, adik, sepupu, paman, bibi, rekan kantor, rekan kuliah, dan lain-lain.

Hanya saja kadang kurang ampuh karena biasanya mereka juga membutuhkan ART sih. Kalau mereka memiliki info ART dan juga membutuhkannya, nggak mungkin juga mereka memberikannya kepada kamu kan? Namun, nggak ada salahnya dicoba untuk mendapatkan mbak baru.

Bagikan: 583 kali