Kantor yang Didesain oleh Biro Arsitek Six Four Five (Rumah123/Dezeen)

Banyak dari generasi milenilal lebih menyukai untuk memulai bisnis rintisan (start up). Saat memulai bisnis memang membutuhkan banyak biaya.

Namun, kamu bisa menghemat salah satu pos pengeluaran yaitu memiliki kantor. Ketimbang kamu menyewa ruang kantor di gedung perkantoran di kawasan bisnis yang sangat mahal atau menyewa ruko dan rukan yang juga mahal, mendingan kamu memanfaatkan rumah.

Baca juga: Atasi Banjir dengan Desain Rumah Terbuka dan Bertingkat, Mau Nyontek Ga?

Banyak bisnis di Amerika Serikat yang memulainya dari garasi. Nah, kalau nggak ada garasi, kamu bisa memanfaatkan lahan di belakang rumah.

Hal inilah yang dilakukan oleh founder biro arsitek Six Four Five, Oliver Dang. Biro arsitek ini berkantor pusat di Toronto, Kanada.

Baca juga: Lapangan Basket Warna Warni? Nah, Begini Desain Ruang Publik yang Keren

Dang mendesain kantor pribadi di rumah yang dinamai Garden Studio. Kebetulan harga lahan di Toronto memang mahal.

Belakangan, ada tren memanfaatkan halaman belakang untuk dijadikan kantor. Meski hal ini banyak dilakukan di Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Baca juga: Berada di Kawasan Rawan Kebakaran, Eksterior Rumah Ini Dirancang Anti Api

Kemudian Dang pun terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Apalagi rumahnya memiliki kelebihan lahan di bagian belakang.

Dang mendesain ruang kerja yang kecil, hanya seluas 9,3 meter persegi. Material yang digunakan adalah kayu dan kaca. Material kayu juga digunakan pada bagian lantai.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Ruang kerja ini memang kecil, namun terkesan nyaman. Sejumlah kaca ditempatkan pada dinding dan pintu serta skylight pada bagian pada bagian atap.

Tidak banyak barang yang ditempatkan dalam ruang kerja ini. Hanya komputer, kursi kerja, dan buku-buku.

Baca juga: Lahan Terbatas? Siasati dengan Pintu Geser! Gampang Kan?

Wah, keren juga kan kalau memiliki kantor yang mungil, nyaman, keren, dan fungsional. Kalau kamu sedang memulai bisnis, kamu bisa memanfaatkan lahan yang ada.

Kalau rumah kamu tidak memiliki halaman belakang, mungkin ada salah satu ruangan yang dapat disulap menjadi kantor atau ruang kerja. Mudah kan?

Baca juga: Yuk, Bikin Taman dalam Rumah Biar Suasana Semakin Sejuk

Kantor yang Didesain oleh Biro Arsitek Six Four Five (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1311 kali