Kamu Bisa Memiliki Taman Penuh Bunga yang Cantik di Rumah Meski Tidak Memiliki Lahan yang Luas. Ada Sejumlah Tips untuk Memilikinya (Foto: Rumah123/Getty Images)

Bunga dan tanaman menyuguhkan keindahan pada rumah. Tidak usah bingung kalau ingin memiliki taman di rumah, namun lahan sangat terbatas. Ada sejumlah cara untuk mengatasinya.

Jika memiliki taman di rumah, ada nilai tambah secara estetika. Rumah terlihat lebih menawan dengan kehadiran taman baik berukuran kecil atau besar, berada di luar rumah atau dalam rumah.

Selain itu, mempunyai taman juga bisa menenangkan hati dan mengajarkan tanggung jawab. Taman bisa membuat udara lebih bersih dan juga meningkatkan mood seseorang.

Baca juga: Mempercantik Butik dengan Kehadiran Taman, Ga Ada Salahnya Dicoba

Kalau kamu tidak memiliki lahan di rumah, kamu harus bersiasat. Situs House Beautiful memaparkan 18 cara kreatif untuk menghadirkan taman dalam rumah.

Jadikan taman sebagai tempat multifungsi. Jika kamu tidak bisa menjadikan seluruh taman untuk menanam bunga dan tanaman lain, maka jadikan tempat ini sebagai tempat makan, area romants, tempat nongkrong dengan kursi, serta taman dalam satu tempat.

Menanam tumbuhan herbal. Kamu bisa menanam tanaman herbal dengan memanfaatkan papan bekas, toples bekas, atau pipa. Pilihan lainnya kamu bisa menanamnya di luar, mungkin di beranda atau balkon jika ruang memungkinkan.

Baca juga: Taman Ini Terinspirasi dari Sawah, Wah Ga Percaya Kan?

Percantik dengan perabotan jadul. Jangan buang barang lama. Coba cek barang-barang lama yang kamu miliki sejak kecil atau ada peninggalan dari orang tua dan kakek nenek. Siapa tahu ada barang yang bisa mempercantik taman atau beranda.

Mulai membuat terrarium. Tanaman berukuran besar memang indah, tetapi terrarium kecil akan membuat ruangan kecil menjadi lebih unik. Selain itu, terrarium bisa menjadi contoh yang bagus untuk taman vertikal, tentunya kalau terrarium ini digantung.

Mengubah area tangga. Manfaatkan area tangga di rumah baik yang ada di dalam atau pun di luar rumah. Tidak perlu ruang banyak untuk melakukan perubahan besar. Kamu bisa menempatkan pot bunga kecil di tangga.

Membuat Terarium Atau Taman Mungil di Dalam Botol Seperti Ini Bisa Menjadi Pilihan Kalau Kamu Ingin Memiliki Taman Dalam Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Baca juga: Keberadaan Kolam dan Taman Bisa Jadi Oase Menyegarkan dalam Hunian Lho

Mengatur lanskap jalan masuk ke rumah. Biasanya ada area kecil menuju pintu rumah. Meski tidak luas, namun cukup untuk mengubahnya menjadi taman kecil. Kamu bisa menaruh tanaman dengan batang yang kecil, pot bunga, dan hiasan lainnya.

Memanfaatkan ruang di dalam rumah. Kalau kamu tidak memiliki area di luar rumah untuk membuat taman, coba manfaatkan ruang di dalam rumah. Kamu bisa menaruh tanaman dalam pot di ruang tamu, ruang makan, atau ruang keluarga.

Menaruh tanaman di balkon. Yuk, percantik balkon dengan menaruh tanaman dalam pot kecil atau kamu bisa menempatkan tanaman gantung. Balkon bisa menjadi alternatif menaruh tanaman selain di atap.

Baca juga: Keindahan Taman Jepang di Tengah Hunian Modern Meksiko

Gunakan jendela rumah. Tidak punya balkon, ya nggak masalah. Pastinya rumah kamu mempunyai jendela kan? Coba manfaatkan beberapa bagian jendela untuk menaruh pot atau menempatkan tanaman rambat.

Membuat taman vertikal. Nah, ini salah satu cara yang digunakan kalau lahan di rumah sempit. Pastinya ada salah satu bagian rumah yang dindingnya bisa dimanfaatkan untuk membuat taman vertikal.

Jadikan taman menjadi lebih hidup. Taman boleh kecil dengan tanaman hanya beberapa pot bunga. Tetapi, coba jadikan taman ini lebih keren dengan menempatkan hiasan seperti batu, bangku, dan lainnya.

Baca juga: Rumah Ga Akan Terasa Panas Kalau Punya Taman dan Ventilasi Udara

Taman Vertikal dengan Memasang Tanaman di Dinding Menjadi Pilihan Lain yang Mudah. Dinding Akan Terlihat Lebih Hijau dengan Keberadaan Tanaman (Foto: Rumah123/Getty Images)

Manfaatkan jendela di balkon. Kalau sebelumnya, kamu bisa memanfaatkan ruang kecil di balkon atau jendela, bagaimana ceritanya kalau kamu juga memanfaatkan jendela pada balkon. Kalau kamu menaruh tanaman di sini, kamu tidak hanya mempercantik rumah tetapi lingkungan sekitar.

Menanam tanaman buah atau sayuran. Jika atap rumah cukup luas, coba deh untuk menempatkan tanaman buah atau sayuran. Unik juga kan kalau ada kebun tomat, cabe, dan lainnya di atas atap rumah.

Bikin jalan setapak. Taman kecil masih bisa diperindah dengan keberadaan jalan setapak. Mungkin jalan setapak ini sulit untuk menjadi akses, namun bisa mempercantik taman. Kamu bisa menyusun bebatuan sebagai jalan setapak.

Baca juga: Malas Potong Rumput Taman, Suruh Saja Robot untuk Memangkasnya

Menggantung tanaman pada posisi tinggi. Jangan salah ya ini bukan membuat taman vertikal, namun kamu menempatkan tanaman pot dalam posisi yang tinggi. Jika ada bagian dinding kosong yang tinggi, tidak ada salahnya menerapkan hal ini.

Hanya menanam satu bunga. Kalau taman kamu berukuran kecil, taruh saja satu jenis tanaman bunga. Jangan menanam bunga dari beragam jenis. Hal ini memberikan sentuhan estetika yang konsisten dan juga mengakomodasi ukurannya yang kecil.

Mengubah garasi menjadi area hijau. Punya garasi cukup luas, kenapa tidak memanfaatkannya sebagai ruang hijau. Jangan lupa merapikan barang yang ada di garasi. Lantas taruh beberapa tanaman dalam pot kecil di dinding garasi.

Baca juga: 5 Langkah Mudah untuk Memiliki Taman Bunga Mawar

Mengatur dan merawat taman. Jangan lupa untuk mengatur taman, merawat tanaman, mempercantiknya. Tidak peduli taman kamu kecil atau besar, ingat untuk merawatnya.

Tidak Ada Salahnya Untuk Menanam Sayuran Atau Buah-Buahan dalam Taman Kecil di Rumah. Namun, Kalau Kamu Memiliki Lahan Luas di Atap, Kamu Bisa Mempunyai Kebun Sayuran Atau Kebun Buah (Foto: Rumah123/Getty Images)
Bagikan: 9270 kali