Masyarakat di Liechtenstein Jarang Mengunci Pintu Rumah Mereka. Tingkat Kejahatan Sangat Rendah. Jumlah Polisi Tidak Lebih dari 100 Personel (Foto: Rumah123/World Travel Guide)

Saat kamu tidur atau meninggalkan rumah, berapa jumlah pintu yang kamu kunci? Minimal sih dua pintu ya, pintu rumah dan pintu pagar. Tetapi, kalau kamu tinggal di sini, kamu nggak perlu melakukan semua itu.

Hal biasa kalau kamu memiliki beberapa kunci untuk satu pintu. Tentunya kamu melakukan hal ini untuk keamanan dan kenyamanan. Hal biasa juga kalau kamu mengunci pintu saat malam ketika hendak tidur atau saat mau pergi.

Lain cerita kalau kamu tinggal di Liechtenstein, sebuah negara kecil, mungil di Eropa. Kamu nggak perlu mengunci pintu rumah.

Baca juga: Bagaimana Rasanya Tinggal di Kota Tanpa Mobil?

Negara ini memang kecil, hanya memiliki luas 160 km2. Ya, ukurannya sama dengan kota Bandung yang punya luas 167 km2. Terbayang kan kecilnya?

Kalau Bandung punya 1,8 juta penduduk, maka Liechtenstein hanya dihuni oleh 36.000 orang doang. Wilayah Liechtenstein lumayan luas, namun penduduknya masih jarang.

Negara ini hanya memiliki sekitar 80-90 anggota kepolisian. Set dah, dikit amat ya. Tetapi, polisi memang nggak dibutuhkan banget di sini.

Baca juga:  Tujuh Tahun Beruntun Jadi Kota Paling Nyaman di Dunia, Kota Apa Sih?

International Special Reports pernah melansir kalau penduduk Liechtenstein tidak pernah mengunci pintu rumah. Berarti masyakaratnya sudah saling percaya dan nggak takut ada maling.

Tingkat kejahatan di negara ini sangat rendah. Pembunuhan yang terjadi terakhir kalinya pada 2007 silam. Jika ada orang yang dihukum penjara lebih dari dua tahun akan dikirim ke penjara negara tetangga, Austria.

Asyik juga kalau punya hunian dan nggak perlu kunci rumah. Cukup tutup pintu, beres dah. Hmm, kamu mau punya rumah di sini nggak?

Baca juga:  Mau Tinggal di Kota Paling Nyaman Sedunia? Yuk, Pindah Rame-rame

Bagikan: 620 kali