OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Ga Boleh Pakai Keramik Bahan Ini di Kamar Mandi!

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Vriana Indriasari

Laying Ceramic Tiles. Tiler placing ceramic wall tile in position over adhesive

Ilustrasi. Rumah123/iStock

Pemilihan keramik untuk ubin kamar mandi merupakan cara tepat menghias ruang paling pribadi itu. Terlebih material keramik memang teruji kuat dan awet terhadap air, pun kelembapan.

Eits, tau ga kamu memasang keramik di kamar mandi juga ada caranya. Selain soal desain, perlu juga mempertimbangkan daya tahan dan keamannya.

Baca juga: Bijak Menghitung Ubin Granit

Pertama, pilih keramik kamar mandi dari jenis ubin, porselen, atau bahan batuan. Pasalnya, keramik-keramik jenis ini mudah ditemukan dalm bermacam bentuk dan ukuran.

Berbagai jenis ubin dari batuan alam yang bisa kamu pilih antara lain batu kapur dan marmer. Keduanya pas diaplikasikan sebagai penutup dinding, terutama di bagian shower.

Kebanyakan bahan keramik dari batuan itu sudah ditambahkan pelapis. Jadi tak perlu takut mudah rembes.

Baca juga: Begini Cara Usir Kerak di Keramik Toilet

Hal penting kedua adalah tingkat kelicinan. Poin ini erat keamanan pengguna kamar mandi. Pada kondisi basah, keramik kamar mandi dengan tekstur mengkilat sering menjadi licin. Sebaiknya pilih ubin yang tak terlampau mengkilat.

Sering menggunakan air panas? Ada keramik berbahan batuan  yang tidak boleh dipakai sebagai pelapis lantai kamar mandi. Adalah ubin dari batu kapur dengan warna tua, terlebih di daerah basah. Batuan ini juga tak tahan lama jika sering terkena uap panas.

Gunakan keramik mozaik pada area shower yang miring. Ubin mozaik lebih mudah digunakan pada dataran tidak rata di kamar mandi.

Untuk kamu yang memiliki kamar mandi berukuran kecil, jangan takut mencoba menggunakan ubin keramik. Penggnaan kermik berukuran besar malah akan memunculkan kesan luas. Coba, yuk!


Tag: , , , , , , ,