Pemain Tim Nasional Belgia, Axel Witsel Bersama Keluarga (Rumah123/Information Cradle)

Saat para pemain bintang memilih bermain untuk klub sepak bola kaya raya di Eropa, segelintir pemain memilih berkiprah di Liga Super China. Padahal karier mereka belum meredup dan masih dibidik klub besar.

Salah satunya adalah Axel Witsel. Gelandang serang tim nasional Belgia ini hijrah ke klub China, Tianjin Quanjian sejak 2017 lalu.

Baca juga: Semua Stadion Piala Dunia 2018 Masuk Kategori Ramah Lingkungan, Ini Baru Keren!

Pemain berusia 29 tahun ini pindah dari klub Liga Rusia, Zenit St Petersburg. Edannya, dia menolak pinangan klub kaya Italia, Juventus.

Iming-iming gaji besar senilai 16 juta euro (Rp269 miliar) per tahun jadi alasan. Witsel dikontrak selama empat tahun hingga 2021 mendatang.

Baca juga: Dari Tukang Cat Jalanan Jadi Bintang Bola Dunia, Mau Ikutan?

Witsel memang doyan pindah-pindah klub. Dia sempat bermain di klub Portugal, Benfica. Dia harus bisa berbahasa Portugal. Begitu juga saat pindah ke Rusia, dia harus belajar bahasa Rusia.

Lain cerita ketika dia pindah ke China. Dia kesulitan untuk mempelajari bahasa Mandarin. Lantaran itu juga dia memilih tinggal di hotel.

Baca juga: Wah, Ternyata Kayak Begini Kelakuan Fans Jepang Selama Piala Dunia 2018

“Saya tinggal di hotel. Ada apartemen khusus untuk orang asing. Ya, hunian berkelas. Tinggal di sini memang nyaman, saya bisa datang ke resepsionis dan mencari tahu soal kota, sekolah untuk anak saya, dan lainnya,” ujar Witsel kepada Axelwitsel28.com.

“Lagi pula, bahasa China memang sulit dan semua staf hotel bisa berbahasa Inggris. Mereka semua ramah dan mau menolong,” lanjutnya.

Baca juga: Lantaran Keluarga Betah, Pesepakbola Kroasia Berencana Menetap di Spanyol

Meski belum bisa berbahasa Mandarin, namun Witsel dan keluarga tetap menikmati Tianjin. By the way, Tianjin merupakan metropolitan terbesar keempat di China dengan penduduk mencapai lebih dari 15 juta orang.

“Kota ini luar biasa kok, nggak perlu ada yang dikeluhkan. Tentunya, Tianjin memang bukan Shanghai, tetapi saat cocok untuk keluarga. Ini yang terbaik. Singkatnya, saya senang,” kata Witsel lagi.

Baca juga: Saking Cinta Lionel Messi, Penjual Teh Cat Rumahnya Ala Bendera Argentina

Witsel menjadi salah satu pemain andalan Belgia di Piala Dunia 2018 Rusia. Belgia berjumpa Prancis dalam babak semifinal di St Petersburg pada Rabu (11/07/2018) dini hari WIB.

Gimana nih nonton bareng di rumah kamu? Masih seru nggak? Piala Dunia tetap rame kok meskipun Brasil, Argentina, Jerman, atau Spanyol sudah pulang duluan.

Bagikan: 7817 kali