Ilustrasi Bus (Foto: Rumah123/News.com.au)

Bus Trans Kota Tangerang tidak beroperasi pada minggu pertama Januari 2019. Hal ini terjadi lantaran tidak adanya operator.

Selama ini, Trans Kota Tangerang dioperasikan oleh perusahaan swasta. Pengemudi atau sopir dan juga pemeliharaan armada bus dilakukan oleh operator swasta. Operator terpilih melalui lelang setiap tahun.

Dinas Perhubungan Kota Tangerang sedang melakukan proses lelang untuk masa operasional 2019. Pemenang dari proses lelang diproyeksikan baru dapat ditetapkan pada Selasa, 8 Januari 2019.

Baca juga: Halte Transjakarta Bakal Terintegrasi dengan Stasiun MRT, Yuk Naik Transportasi Massal

“Operator yang lama kontraknya sudah habis di 2018,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Syaiful Rohman seperti dilansir oleh Kompas.com.

“Kemungkinan tanggal 9 baru bus bisa beroperasi lagi setelah tanda tangan kontrak dengan pemenang lelang,” lanjutnya.

Dinas Perhubungan Kota Tangerang sedang berupaya agar Trans Kota Tangerang dikelola sendiri. Pemerintah Kota Tangerang membentuk BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).

Baca juga: Transpatriot dan Transjakarta Bakal Terintegrasi, Yuk Cari Rumah di Bekasi

Sepertinya merujuk pada pengelolaan Transjakarta di Jakarta dan Transpatriot di Bekasi yang dilakukan oleh BUMD. Transjakarta sudah beroperasi sejak 2004, sementara Transpatriot baru beroperasi pada akhir 2018.

Trans Kota Tangerang telah beroperasi sejak 2016. Bus ini memiliki dua koridor yaitu korido 1 jurusan Poris Plawad-Jatiuwung dan koridor 2 jurusan Terminal Poris Plawad-Cibodas.

Setiap koridor memiliki 10 bus. Dari 20 bus yang beroperasi, hanya dua yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan Kota Tangerang.

Baca juga: Penumpang Transjakarta Tercatat 189 Juta, Kamu Termasuk Ga Sih

Mudah-mudahan Trans Kota Tangerang beropeasi kembali ya. Buat kamu yang berencana cari rumah, coba deh cari di Tangerang.

Ada rencana kalau Trans Kota Tangerang akan terintegrasi dengan Transjakarta. Jika kamu tinggal di Tangerang, kamu punya banyak pilihan transportasi. Selain Trans Kota Tangerang, juga ada kereta listrik commuter line.

Bagikan: 499 kali