Ilustrasi (Rumah123/REA Group)

Waduh, kunci rumah ketinggalan nih! Wah, kunci rumah taruh di mana ya? Cerita klasik ini biasanya terjadi pada siapa saja termasuk kamu.

Saat kamu terburu-buru untuk berangkat ke kantor atau pergi beraktivitas, kamu secara tidak sengaja menghilangkan kunci rumah. Padahal rumah sudah terkunci, nah bagaimana membuka pintu rumah?

Baca juga: Lahan Terbatas? Siasati dengan Pintu Geser! Gampang Kan?

Kamu bisa saja memanggil tukang kunci atau tukang bangunan untuk membongkar kunci pintu. Namun, bagaimana halnya kalau hal ini sering terjadi?

Tenang, kamu nggak usah khawatir, saatnya untuk beralih ke piranti smarthome. Ngapain punya kunci rumah kalau hunian dapat dikunci dan dibuka melalui smartphone.

Baca juga: Ini yang Dilakukan oleh Mo Salah Saat Rumahnya Kemalingan

Bagi para pengguna iPhone bisa menggunakan kunci yang terhubung dengan gadget mereka. Daily Mail melansir bahwa Apple bakal merilis pengembangan piranti lunak.

Nantinya, pengembangan iOS memudahkan penggunan iPhone untuk membuka pintu depan rumah dengan hanya menyentuh kunci dengan smartphone.

Baca juga: Terlalu Banyak Kunci Bikin Rumah Kamu Susah Laku, Percaya Deh!

Para pekerja di kantor pusat Apple sudah menggunakan fitur ini sejak 2014. The Information menyatakan sejumlah bangunan kantor memiliki akses keamanan yang compatible dengan iPhone.

Piranti tidak akan menggunakan Bluetooth, namun memanfaatkan chip Near-Field Communication (NFC). Apple sudah memasukkan NFC ke dalam seri iPhone 6 yang diluncurkan pada September 2014 silam. NFC dianggap lebih aman ketimbang Bluetooth.

Baca juga: Ganti Dulu Pintu Depan Sebelum Jual Rumah

NFC memudahkan transfer data secara nirkabel dengan jarak pendek dan dapat digunakan untuk sejumlah fungsi seperti mengirimkan gambar dan video antara smartphone hingga membuka dan mengunci pintu.

Hmm, kalau sudah dapat dipakai, enak juga ya kalau membuka dan mengunci pintu rumah dengan hanya menggunakan smartphone kan? By the way, jangan sampai smartphone kamu kehabisan baterai ya.

Bagikan: 876 kali