Taliesin West di Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat. Bangunan ini salah satu yang menjadi masterpiece Frank Lloyd Wright sebagai arsitek legendaris. Foto: Rumah123/arizonaexperience.org

Pada pekan ini, tepatnya pada 8 Juni, menjadi hari perayaan lahir ke-150 arsitek legendaris Frank Lloyd Wright. Buat kamu yang sedang belajar arsitektur atau sekarang sudah berprofesi sebagai arsitek, pasti tahu sosok Wright.

Karya arsitekturnya menjadi bahan bacaan wajib para calon arsitek selain Le Corbusier atau Oscar Niemeyer. Wright sendiri dikenal dengan arsitektur organik.

Baca juga: Zaha Hadid, Arsitek Paling Berpengaruh di Dunia

Dia memercayai bahwa desain arsitektur harus selaras dengan manusia dan lingkungannya. Contoh paling konkretnya adalah rumah The Fallingwater yang pembangunannya selesai pada 1935. Rumah ini menjadi contoh desain dalam buku teks arsitektur.

Bangunan lain yang menjadi masterpiece Wright adalah Taliesin West. Bangunan yang selesai pengerjaannya pada 1937 ini merupakan rumah sekaligus studio.

Baca juga: Yuk, Mengenal Sosok Pakar Konstruksi Indonesia, Wiratman Wangsadinata

Taliesin West berada di Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat. Biasanya, Wright dan istrinya menjadikan rumah ini sebagai rumah peristirahatan saat musim dingin.

Dia juga mengajar mahasiswa arsitek yang masuk dalam program beasiswa Taliesin Fellowship. Ada sekitar 50-60 mahasiswa yang beruntung bisa mendapatkan ilmu dari sang maestro ini.

Baca juga: Frank Llyod Wright, Maestro Penggagas Arsitektur Organik

Kawasan Taliesin West ini berada di atas lahan seluas 243 hektar. Wright mendesain dibantu para mahasiswanya dengan rancangan khasnya yang bisa menyatukan bangunan dengan alam sekitarnya. Dia memanfaatkan material alam untuk bangunan ini.

Wright lahir pada 8 Juni 1867 di Wisconsin, Amerika Serikat. Dia wafat pada 9 April 1959 di Arizona, AS. Dia dikenal sebagai arsitek, desainer interior, penulis, dan dosen. Ada lebih dari 1.000 bangunan hasil rancangannya, 532 bangunan di antaranya telah selesai dibangun.

 
Bagikan: 10250 kali