Framework yang Didesain oleh Lever Architecture (Rumah123/Dezeen)

Pemerintah negara bagian Oregon dan kota Portland, Amerika Serikat (AS) akhirnya menyetujui proposal pembangunan The Framework Building. Apa sih istimewanya sih bangunan ini?

Framework akan menjadi bangunan tinggi pertama di AS yang terbuat dari material kayu. Gedung ini akan memiliki 12 lantai.

Baca juga: Desainer Interior Ini Dapatkan Ide dari Bertualang ke Alam Liar, Mau Ikut?

Biro arsitek lokal, Lever Architecture mendesain Framework. Biro arsitek ini didirikan oleh arsitek Thomas Robinson pada 2009. Material kayu yang digunakan adalah kayu solid.

Sebenarnya, proyek ini sudah mulai pada Desember 2015. Saat itu, Lever Architecture telah merilis cetak biru rancangan Framework.

Baca juga: Gerai Piranti Teknologi yang Penuh Pepohonan, Wah Ini Baru Kekinian!

Bangunan ini merupakan mixed use building yang terdiri dari bagian ritel, perkantoran, dan apartemen. Ada lima lantai perkantoran serta lima lantai apartemen yang terdiri dari 60 unit apartemen. Tipe unit yang ditawarkan adalah studio, 2 bedroom, dan 3 bedroom.

Selain itu, masih ada ruang untuk kegiatan penunjang apartemen dan perkantoran. Yang unik dari bangunan ini adalah menyediakan tempat parkir untuk 120 sepeda.

Baca juga: Gunakan Batu Alam, Masjid Ini Seolah Menyatu dengan Lingkungan Padang Pasir

Sebelumnya, bangunan dengan struktur kayu dengan tinggi lebih dari 30 meter dilarang dalam peraturan perundangan AS. Hal ini terkait keselamatan kebakaran, gempa, dan juga kenyamanan suara.

Pembangunan Framework direncanakan dimulai pada 2017 ini dan diproyeksikan selesai pada akhir 2018 mendatang. Setelah selesai, Framework bakal menjadi gedung dari material kayu tertinggi di Amerika Utara.

Baca juga: Kejayaan Kesultanan Bengal Menginspirasi Desain Masjid di Bangladesh

Hmm, kayaknya kita semua harus menunggu seperti apa Framework saat selesai dikerjakan nantinya.

Bagikan: 1409 kali