Flyover Kemayoran, Jakarta Pusat Sempat Mengalami Kerusakan dan Sudah Diperbaiki (Foto: Rumah123/Kompas.com)

Proses perbaikan flyover atau jalan layang Kemayoran, Jakarta sudah dilakukan pada Sabtu (05/01/2019). Kamu bisa melewati jalan ini lagi.

Expansion joint atau karet penutup sambungan siar muai jalan layang Kemayoran sempat rusak akibat aus. Bagian ini akan diganti dengan aspal.

Tidak ada perbedaan antara karet dan aspal dalam menutup expansion joint ini. Dua material ini dapat digunakan untuk menutup bagian tersebut.

Baca juga: Awal Januari 2019, Flyover Cengkareng Selesai Diperbaiki

“Kami pakai aspal yang bisa memuai, bukan karet lagi. Tapi sebenarnya metodologinya ini sama saja. Cuma finishing-nya bisa karet atau aspal,” ujar Direktur Perencanaan Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran, Riski Renando seperti dilansir oleh Kompas.com.

Aspal yang dipakai bisa bertahan dalam jangka waktu lima hingga sepuluh tahun. Tentunya, tergantung pola pemakaian dan cuaca.

Jika sering terjadi hujan dan penggunaan rutin, Riski menyatakan aspal ini hanya bertahan selama tiga tahun. Pihaknya juga tidak melakukan perawatan khusus mengenai aspal ini, hanya pembersihan dan perapihan. Jika terjadi masalah, bagian ini akan diaspal ulang.

Baca juga: Yuk, Main Skateboard di Kolong Flyover Slipi

Sebelumnya, jalan layang atau flyover Cengkareng, Jawa Barat juga mengalami masalah. Ada perenggangan dan keretakan.

Jalan layang ini masih diperbaiki. Rekayasa lalu lintas pun dilakukan karena flyover ini menghubungkan dua kawasan, Pluit dan Kembangan.

Mudah-mudahan perbaikan berjalan cepat ya. Selain itu, perawatan juga harus rutin ya. Kalau ada perbaikan jalan layang tentunya ini menghambat aktivitas orang yang ingin bepergian kan?

Baca juga: Flyover Cengkareng Retak, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan

Bagikan: 571 kali