OK

Sambut Tamu KTT G20, Inilah Sederetan Fasilitas Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai. Kelas Dunia!

05 Oktober 2022 · 3 min read · by Maskah Alghofar

bandara i gusti ngurah rai bali

Jelang kedatangan tamu KTT G20 sejumlah hal dipersiapkan, termasuk fasilitas terminal VVIP Bandara Ngurah Rai yang hampir rampung. Simak ulasan lengkapnya.

Pemerintah Indonesia tengah bersiap menyambut kedatangan tamu negara peserta KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.

Sejumlah fasilitas dan infrastruktur pun mulai diperbaiki agar memenuhi standar internasional serta memberi kenyamanan kepada para tamu.

Salah satunya adalah dengan pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai yang hampir rampung.

Progres pembangunan bandara internasional di Bali ini telah mencapai 99,96 persen dan hanya menyisakan finishing interior saja.

Lantas, apa itu KTT G20 dan seperti apa pembenahan yang dilakukan untuk menyambut tamu negara ini?

Simak bersama ulasannya berikut ini, yuk!

Apa Itu KTT G20?

KTT G20

Sumber: Detik.com

Melansir dari laman Kemlu.go.id, G20 merupakan kegiatan yang berdiri pada tahun 1999 sebagai respon atas krisis ekonomi dunia pada tahun 1997-1998.

Kehadiran KTT G20 ini bertujuan untuk memastikan dunia keluar dari krisis dan menciptakan pertumbuhan ekonomi global yang kuat dan berkesinambungan.

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis,  Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Fasilitas Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai

fasilitas terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai

Dok. Kementerian PUPR

Pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki luas sekitar 5.670 meter persegi di atas lahan PT Angkasa Pura I.

KTT G20 yang akan menggunakan tema ‘Recover Together, Recover Stronger’ ini akan dibuat lebih ramah lingkungan dengan adanya penghijauan.

Melansir dari Kompas.com, sejumlah ruang lingkup pembenahan bandara meliputi bangunan VVIP, bangunan pos jaga, bangunan ground water tank dan ruang pompa.

Ada juga pembenahan pada bagian pagar keliling dan gerbang, penataan lansekap, area drop off, area drop on, serta relokasi instalasi Mekanikal Elektrikal Plumbing (MEP).

Berapa Anggaran terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai?

bandara i gusti ngurah rai

Dok. Kementerian PUPR

Untuk pembangunan terminal VVIP bandara mewah yang memiliki luas 1.713 meter persegi ini menghabiskan anggaran sebesar Rp50,9 miliar.

Pembangunan oleh kontraktor PT Wijaya Karya dan konsultan supervisi PT Virama Karya yang berlangsung sejak 14 Maret 2022.

Fasilitas Bangunan VVIP

aula terminal VVIP untuk KTT G20

Dok. Kementerian PUPR

Konsep desain bangunan memadukan arsitektur kolonial dan kearifan lokal khas Bali dengan hiasan interior seperti lukisan kamasan dan ukiran astalla padma bhuana pada bagian plafon utama.

Adapun sejumlah fasilitas pada bangunan VVIP bandara adalah:

  • Ruang pertemuan yang berkapasitas sekitar 40 orang.
  • President suite.
  • Ruang rapat terbatas,
  • Ruang press conference bagi para kepala negara.

***

Itulah sejumlah fasilitas terminal VVIP Bandara Ngurah Rai yang akan menjadi lokasi penyambutan tamu KTT G20.

Temukan artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, seperti Asya di Rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Maskah Alghofar
Maskah Alghofar

Penulis Rumah123.com. Lulusan Penerbitan yang pernah menjadi wartawan hukum dan senang menulis finansial, gaya hidup, dan properti.