Ilustrasi Fitness Center (Rumah123/Realestate.com.au)

Buat para penyewa hunian terutama apartemen biasanya menginginkan fasilitas yang lengkap. Hal yang wajar karena mereka sudah mengeluarkan uang.

Bagi penyewa tentunya mereka memang menginginkan fasilitas yang lengkap dan beragam kemudahan. Lokasi strategis, kemudahan akses transportasi, hingga area komersial yang dekat menjadi keharusan.

Baca juga: Desainer Furnitur Gencar Membidik Target Pasar Generasi Penyewa

Begitu juga fasilitas yang dalam apartemen seperti kolam renang, keamanan 24 jam, parkir, taman, hingga pusat kebugaran. Biasanya para penyewa mewajibkan hal ini sebelum menyewa.

Dalam sebuah riset mengenai preferensi para penyewa, 82 persen penyewa menyatakan kalau pusat kebugaran atau fitness center menjadi hal wajib yang ada dalam fasilitas. Bahkan, 55 persen menyatakan tidak mau menyewa apartemen kalau tidak ada fasilitas ini.

Baca juga: 3 Kota yang Gak Ramah pada Penyewa Hunian

Survey ini dilakukan oleh sebuah lembaga non profit National Multifamily Housing Council dan perusahaan riset properti Kingsley Associates pada Juli 2017.

Kedua lembaga ini melakukan riset kepada 272.743 responden yang merupakan penyewa pada 4.795 perusahaan penyewaan properti. Responden ditanya apa yang mereka cari terkait pembangunan apartemen dan apa yang mereka berani bayarkan untuk fasilitas yang dibutuhkan.

Baca juga: Saat Pasokan Hunian Berlebih, Penyewa Bisa Nego Harga Lho

Uniknya, meski banyak penyewa yang “mewajibkan” fasilitas pusat kebugaran, hampir dari separuh mereka malah tidak pernah atau jarang menggunakannya. Lho kok bisa?

Sebanyak 17 persen malah tidak pernah menggunakan fasilitas ini sama sekali, 25 persen lainnya malah jarang. Jadi mereka yang tinggal di apartemen dan berambisi untuk hidup sehat ternyata tidak klop dengan kenyataan.

Baca juga: Diklaim Paling Murah Sedunia, Para Penyewa Hunian di Kota Ini Protes

Sisa dari responden memang menggunakan fasilitas pusat kebugaran. Sebanyak 4 persen masih datang sebulan sekali, 15 persen mengaku beberapa kali sebulan datang, 7 persen datang setiap pekan, 26 persen datang beberapa kali setiap minggu, dan hanya 7 persen yang datang setiap hari.

Kalau di Indonesia bagaimana ya? Pernah nggak sih ada riset yang mengungkapkan apa saja sih yang diinginkan penyewa kalau ingin menyewa apartemen?

Baca juga: Rumah Ini Didesain untuk Penyewa dengan Gaji Pas-pasan, Wah Mau Dong?

Apakah mereka ingin fasilitas yang sama seperti fitness center, namun tidak pernah memakainya? Kamu sendiri, gimana? Sama dengan riset tadi?

Bagikan:
592 kali