Sekolah yang Didesain oleh CF Moller (Rumah123/Dezeen)

Eksterior sekolah ini memang berbeda lantaran sebagian besar fasadnya tertutup oleh panel solar. Panel solar berwarna biru ini tetap selaras dengan bangunan secara keseluruhan.

Biro arsitek asal Denmark, CF Moller yang mendesain Copenhagen International School yang berada dekat pelabuhan ibu kota Denmark, Copenhagen.

Baca juga: Menanti Kedatangan Kapal di Bawah Naungan Awan, Wah Keren Banget

Panel solar ini berjumlah 12.000 unit dan menutupi kawasan seluas 6.048 meter persegi. Ribuan panel ini membuat bangunan terlihat biru selaras dengan lautan di sekitarnya.

Menurut CF Moller, proyek pemasangan panel solar ini menjadi yang terbesar di Denmark. Adanya panel solar ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan listrik bangunan ini hingga 50 persen.

Baca juga: Kompleks Apartemen Berwarna Jadikan Kota Lebih Indah, Kayak Gimana Sih?

“Bangunan ini mempunyai fasad unik yang diselimuti oleh 12.000 panel solar, setiap panel solar ini menciptakan efek bagian kecil yang bercahaya. Keberadaan panel solar ini akan memenuhi lebih dari separuh konsumsi tahunan listrik bangunan,” ujar juru bicara CF Moller seperti dikutip oleh laman arsitektur dan desain, Dezeen.

Bangunan ini memiliki tujuh lantai. Copenhagen International School bisa menampung 1.200 siswa. Siswa dan siswi yang bersekolah di sini berusia antara tiga tahun hingga 19 tahun.

Baca juga: Kamar Anak Berdesain Minimalis? Boleh Aja Dicoba

Fasilitas yang berada di bangunan ini adalah perpustakaan, ruang makan, ruang duduk, ruang bermain, serta ruang berkumpul. Ruang bermain ada di bagian atap lantai dasar, siswa bisa menyaksikan pemandangan kawasan pelabuhan.

Wah, menarik juga pemasangan panel solar pada dinding. Biasanya panel solar dipasang pada atap saja.

Baca juga: Trek Lari di Atas Apartemen? Wah, Mau Banget Dong Tinggal di Sini

Sebenarnya, hal ini bisa menjadi solusi bagi penghematan listrik sebuah bangunan lho, meski sebenarnya panel solar ini mahal. Namun, dalam jangka panjang pemakaian listrik bisa dikurangi. Hmm, kira-kira di Indonesia ada bangunan seperti ini nggak ya?

Bagikan: 1625 kali