Dikenal sebagai kota seni yang tak ada matinya, ternyata ada sebuah rumah unik bergaya urban street imagination yang super estetis. Intip potretnya di sini!

Jalan-jalan ke Kota Pelajar, kali ini tim Rumah123 berkesempatan berkunjung ke salah satu hunian unik milik seniman Ronald Apriyan. 

Dengan bantuan seorang desainer interior bernama Cosmas Dwi Arta Kurniawan, ia berhasil mewujudkan sebuah rumah unik dengan konsep yang dinamainya urban street imagination

Yuk simak beragam sudut hunian estetis tersebut di bawah ini!

Rumah Unik dengan Desain Artistik Anti-Mainstream 

1. Zebra cross di tengah rumah 

rumah unik

Menghabiskan waktu sambil menikmati pemandangan di jalanan kota memang mengasyikan dan untuk Ronald justru dijadikan sebagai sumber inspirasi kehidupan 

Ia mengambil tema urban street yang diadopsi ke dalam desain arsitektur rumah unik milikinya tersebut. 

Bagian paling menyita perhatian tentu halamannya yang dibuat persis menyerupai jalan raya yang lengkap dengan elemen-elemen khas seperti zebra cross, plang lampu merah, sampai neon box ala cafe. 

Ketika pertama kali berkunjung, kami pun sempat terkagum dengan nuansa yang cukup berbeda karena seakan sedang berada di pinggiran jalan Kota Jogja. 

2. Ruang keluarga outdoor

rumah unik

Jika biasanya ruang keluarga berada di dalam hunian dengan interior tertutup, di rumah unik ini kamu akan menemukan penampakan berbeda. 

Ruang keluarganya terletak di luar ruangan dengan konsep terbuka yang menyatu dengan sumur jalanan tadi. 

Seperti layaknya ruang keluarga biasa, ada satu set sofa minimalis berwarna abu-abu tua, meja kayu, dan sistem home theater sendiri di area yang jadi spot favorit Ronald ini. 

3. Dapur rasa warung pinggir jalan 

rumah unik

Kurang nyaman apalagi jika kamu tinggal di rumah unik yang dapurnya dibikin seperti warung pinggir jalan.  

Material interior dapur yang didominasi batu bata merah, jendela kayu tradisional berwarna-warni, serta neon box ala cafe terpajang di sisi luar semakin memperkuat nuansa warung yang otentik.

4. Tempat nongkrong dan area baca 

rumah unik

Setelah menunggu kopi pesanan dibuatkan di dapur warung tadi, kamu bisa sembari duduk bersantai di area baca atau tempat nongkrong yang terletak di seberang ‘jalan raya’. 

Di sini ada koleksi buku-buku beragam genre yang tertata rapi di lemari untuk kamu baca. 

5. Jembatan penghubung di lantai dua 

rumah unik

Akses tangga kayu dengan railing besi berwarna hitam akan mengantarkan kita ke area lantai dua rumah unik milik Ronald Apriyan ini. 

Dua bangunan hunian yang terpisah dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu kecil yang cukup unik. 

Dari jembatan ini juga bisa terlihat area ruang tamu dan tempat nongkrong di lantai dasar sehingga memudahkan interaksi tanpa harus turun terlebih dahulu. 

6. Kolom bangunan yang asri 

rumah unik

Di tengah-tengah bangunan rumah unik ini ada sebuah kolom tinggi yang menjulang sebagai sumber pencahayaan alami di siang hari. 

Di pinggiran kolom juga dijadikan sebagai tempat menaruh beberapa jenis tanaman rambat yang memberikan kesan asri serta lebih sejuk. 

7. Material kayu bekas 

rumah unik

Mayoritas bahan bangunan seperti papan dan balok kayu yang digunakan di rumah unik yang satu ini ternyata merupakan bekas konstruksi yang sudah pernah dipakai sebelumnya. 

Jadi selain tampilannya yang menawan, rancang bangun rumah juga menggunakan eco design yang ramah lingkungan. 

8. Kamar mandi minimalis ala Jepang 

rumah unik

Masih di area lantai dua, terdapat sebuah kamar mandi minimalis bergaya Jepang yang bisa kamu tiru. 

Kloset duduk yang digunakan dilengkapi dengan bak air berukuran kecil serta lantai kamar mandi yang menggunakan parket kayu tradisional khas Jepang. 

9. Studio seni yang estetis abis 

rumah unik

Sebagai seorang penggiat seni, Ronald Apriyan juga mendedikasikan sebuah ruangan khusus di rumah unik miliknya sebagai studio karya. 

Bisa dibilang kalau inilah dia spot yang paling estetis dan penuh kreativitas dari seluruh bagian hunian. 

Tampak beberapa karya lukisan ciptaannya serta ‘alat tempur’ berupa kuas dan cat di salah satu sudut ruangan. 

Temukan inspirasi hunian yang tak kalah memukaunya di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
646 kali