Ilustrasi (Rumah123/Realestate.com.au)

Asyik, bisa menumpang di PMI alias Pondok Mertua Indah atau kompleks orang tua. Enak nih, nggak perlu bayar tagihan listrik, telepon, air PAM, keamanan lingkungan, sampah, hingga kebutuhan makan minum sehari-hari.

Kan ada mertua atau orang tua. Mereka yang membayari semua. Rumah juga milik mereka, bukan rumah kamu kan?

Baca juga: Milenial Pengen Punya Rumah Tapi Gaji Kurang? Side Job Bisa Jadi Solusi

“Secara terus menerus, tinggal sama mertua atau orang tua nggak ada pengeluaran. Tapi kalau punya rumah, bisa punya aset,” ujar perencana keuangan alias financial planner Avian Dwiputra RFA kepada Rumah123.

Buat kamu yang sudah menikah, mungkin ada yang masih tinggal bersama mertua atau orang tua. Banyak hal yang bisa menjadi alasan.

Baca juga: Punya Rumah Sendiri Itu Bukti Generasi Milenial Bisa Aktualisasi Diri, Masih Nunda Beli Nih?

Dalam jangka pendek memang tidak bermasalah. Misalkan kamu sedang mencari rumah kontrakan, apartemen sewaan, atau sedang mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit pemilikan apartemen (KPA).

Namun, dalam jangka panjang tentunya bisa membahayakan kamu karena kamu tidak memaksa memiliki aset berharga. Kamu juga bakal hidup tidak mandiri.

Baca juga: Siapa Bilang Milenial Ga Mau Beli Rumah?

Bayangkan kalau kamu menjadi kepala keluarga, kamu masih tinggal bersama orang tua. Semua pengeluaran ditangani orang tua.

Atau kamu sebagai kepala keluarga, malah menumpang di rumah mertua, hal yang sama terjadi. Semua pengeluaran ditanggung oleh mertua.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Punya Rumah, Milenial Mesti Baca Nih

Bagaimana tanggung jawab kamu sebagai kepala keluarga? Nah, untuk itu kamu harus berusaha memiliki hunian sendiri untuk keluarga.

Banyak manfaat lho kalau memiliki rumah sendiri. Kamu, pasangan, dan anak-anak bisa tinggal bebas sesuai aturan yang kamu buat dan tidak bersinggungan dengan orang lain. Kamu bisa lebih bertangggung jawab. Dan yang terpenting kamu punya aset berharga. Dalam waktu jangka panjang, rumah ini akan berharga berkali lipat dibandingkan waktu membeli.

Sebenarnya, tidak masalah kalau kamu dan pasangan tinggal menumpang dengan mertua atau orang tua. Kalau mertua atau orang tua tinggal sendiri dan sakit. Tetapi, ingat kamu tetap harus punya rumah sendiri lho.

Bagikan: 1186 kali