Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Rumah123/REA Group Australia)

Empat jalan tol yaitu Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Kartasura-Salatiga, dan Wilangan-Kertosono ditargetkan selesai pada Desember 2018. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya mempercepat pengerjaannya.

Rencananya, peresmian jalan tol ini akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Tetapi, kepastian waktu peresmian memang harus menyesuaikan jadwal kerja Presiden. Nantinya, kalau empat jalan tol ini selesai maka akses dari Merak, Banten ke Surabaya, Jawa Timur akan terhubung.

“Tahun ini semua selesai sampai Surabaya. Rencana minggu kedua ini uji layak fungsi, lalu penerbitan sertifikat layak operasi,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Konstruksi Infrastruktur Tidak Bisa Berbarengan, Efeknya Tol Cikampek Sering Macet

Tol Pemalang-Batang memiliki panjang 39,2 kilometer. Tol ini terdiri dari dua seksi yaitu Seksi 1 SS Pemalang-SS Pekalongan sepanjang 17,9 kilometer dan Seksi 2 SS Pekalongan-Batang sepanjang 15,9 kilometer.

Tol Batang-Semarang memiliki panjang 75 kilometer. Tol ini terdiri dari lima seksi. Tol ini sempat dibuka secara fungsional selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Lima seksi tol Batang-Semarang ini adalah Seksi 1 Batang-Batang Timur sepanjang 3,20 kilometer, Seksi 2 Batang Timur-Weleri sepanjang 36,35 kilometer, Seksi 3 Weleri-Kendal sepanjang 11,05 kilometer, Seksi 4 Kendal-Kaliwungu sepanjang 13,50 kilometer, dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak sepanjang 10,10 kilometer.

Baca juga:  Jalan Tol Sragen-Ngawi Diresmikan, Jarak Tempuh Hanya Perlu 1 Jam

Jalan tol Kartasura-Salatiga mempunyai panjang 72,64 kilometer. Tol ini mempunyai lima seksi, beberapa di antaranya yaitu seksi 1 sampai 3 sudah selesai dikerjakan. Saat ini, seksi 4 dan 5 tengah dibangun.

Terakhir, jalan tol Wilangan-Kertosono yang memiliki panjang 87,02 kilometer. Jalan tol ini terdiri dari empat seksi yaitu Seksi 1 Klitik-Simpang Madiun sepanjang 20 kilometer, Seksi 2 Simpang Susun Madiun-Simpang Susun Caruban sepanjang 8,45 kilometer, Seksi 3 Simpang Susun Caruban-Wilangan sepanjang 21,06 kilometer, dan Seksi 4 Wilangan-Kertosono sepanjang 37,5 kilometer.

Wah, buat kamu yang berencana liburan Natal dan Tahun Baru 2019, kayaknya asyik tuh bisa mencoba jalan tol dari Jakarta-Surabaya. Jangan lupa isi e-toll ya.

Baca juga: Setelah Mangkrak Lama, Tol Bocimi Seksi 1 Ciawi-Cigombong Beroperasi Juga

Bagikan: 389 kali