Rumah yang Didesain oleh Nelson Resende (Rumah123/Curbed)

Rumah tua nggak keren, nggak kekinian, nggak up to date, bukan selera kids jaman now. Hmm, kalau kamu melihat rumah ini bisa jadi kamu berubah pikiran.

Banyak rumah tua yang mungkin tidak menarik lagi, bukan karena desainnya yang sudah tidak tren, melainkan karena tidak terawat dengan baik. Setelah puluhan tahun, bangunan pasti mengalami kerusakan dan pelapukan.

Baca juga: Menyulap Bangunan Tua Menjadi Kekinian? Ah, Gampang Kok

Nah, tapi kalau bangunan tua didesain ulang lebih kekinian, bangunan ini tetap punya daya tarik lho. Masih nggak percaya?

Arsitek asal Portugal, Nelson Resende mendesain ulang sebuah rumah tua yang sudah berantakan menjadi lebih cantik. Rumah ini berada di Ovar.

Baca juga: Revitalisasi Kota Tua, Seharusnya Begini Cara Melestarikan Kawasan Jadul

Ovar merupakan kota kecil yang berada di tepi pantai yang berhadapan dengan Samudera Atlantik. Kota kecil berpenduduk 51 ribu jiwa ini berjarak 241 km dari ibu kota Portugal, Lisbon.

Resende masih mempertahankan elemen tradisional dan memadukan dengan beberapa hal baru. Hal ini bisa dilihat dari eksterior rumah yang masih kental nuansa jadulnya.

Baca juga: Pendapatan Bisnis “Pengabdi Setan” Gede Banget, Kamu Punya Rumah Tua Ga?

Sementara dalam interiornya, rumah terasa lebih baru karena desain interior minimalis. Rumah pun terlihat lebih segar dan alami.

Arsitek juga bermain dengan warna dan pola. Jendela dan pintu berwarna biru. Begitu juga dengan pintu garasi dari besi yang dicat biru. Sementara itu, ada nuansa hijau pada eksterior bangunan.

Baca juga: Bengkel Tua Diubah Jadi 10 Rumah Mewah, Mau Ikutan Juga Ga?

Interior bangunan masih mempertahankan dinding lama terutama pada beberapa bagian kecil atap. Sementara sebagian besar dinding dicat putih termasuk kitchen set.

Resende mengaplikasikan material kayu pada lantai, tangga, dan beberapa bagian dinding. Ada ruangan yang memadukan material kayu dan dinding berwarna putih.

Baca juga: Bangunan Tua Ga Perlu Dirobohkan, Bikin Aja Jadi Perpustakaan

Hmm, rumah tua masih bisa dipoles menjadi lebih kekinian dan jaman now kan? Kamu mau juga melakukan hal yang sama untuk rumah orang tua atau rumah kakek nenek?

Rumah yang Didesain oleh Nelson Resende (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 839 kali