Ilustrasi investasi rumah Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)

Meski perekonomian sedang labil seperti saat ini, jangan sampai menyurutkan niat kamu untuk membeli rumah. Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Lalu, bagaimana jika uang tabunganmu tidak mencukupi untuk membayar down payment (uang muka)? Jangan khawatir, kamu masih bisa kok mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) tanpa harus mengeluarkan uang muka.

Di sini, kamu perlu lebih jeli melihat peluang yang ditawarkan para pengembang. Lesunya ekonomi justru membuka kesempatan lebar buat kamu untuk membeli rumah.

Baca juga: Sinergi BTN-Taspen untuk KPR PNS dan Pensiunan

Kenapa? Para pengembang juga pasti berlomba-lomba memberikan promo cicilan tanpa uang muka. Selain itu, dalam kondisi ini para pengembang akan bersaing menawarkan harga murah untuk rumah yang mereka bangun.

Ya, tren rumah murah saat ini tengah menjadi fenomena, terlebih di perumahan yang ada di kota-kota besar atau kota penyangga. Karena itu, sebaiknya kamu aktif mencari pengembang yang tengah giat menawarkan promosi.

Umumnya, pengembang memberikan promo bebas uang muka saat unit hunian belum dibangun alias indent. Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Pelajari terlebih dahulu profil pengembang dan track record-nya.

Baca juga: REI Minta Bunga KPR Dipangkas

Untuk mendapatkan rumah dengan cara KPR tanpa uang muka, kamu bisa juga menggunakan jasa notaris. Hal ini bisa kamu lakukan jika membeli rumah seken.

Yakinkan si penjual rumah bahwa kamu benar-benar serius untuk membayar rumah dalam jangka waktu yang telah disepakati. Agar lebih meyakinkan, kamu bisa melakukan perjanjian cicilan rumah tanpa uang muka di depan notaris.

Umumnya, dalam perjanjian macam ini, selama kamu masih mencicil dan belum lunas, sertifikat masih atas nama penjual dan disimpan oleh notaris. (Ing)

Bagikan:
2615 kali