various kitchen utensils on wooden table Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Kalau kamu ingin memasak dengan aman dan nyaman di dapur rumah atau apartemen, kamu harus mendesain dapur dengan matang sejak awal.

Kamu harus ingat kalau penerapan alur aktivitas dapur bukan hal sepele lho. Kalau kamu tidak melakukannya, aktivitas kamu di dapur bisa terganggu dan dapur bisa berantakan.

Berdasarkan aktivitasnya, area di dapur itu sebenarnya terbagi dalam 3 zona lho. Ada area menyiapkan, area memasak, dan area menghidangkan.

Area menyiapkan tentu saja akan kotor lantaran kamu harus menyiapkan bahan makanan. Saat persiapan ini akan menghasilkan sampah.

Baca juga: Tegel Kunci Bikin Lantai Dapur Semakin Keren

Ketika kamu mulai memasak, kotoran juga ada terutama saat kamu mulai memasukkan bahan dan bumbu ke dalam panci atau wajan. Percikan minyak, cipratan air kuah akan mengenai kompor dan area memasak.

Kamu harus memerhatikan semua zona ini. Kamu harus bisa mengatur jarak antar ketiga zona ini. Jarak ketiga zona ini jangan terlalu dekat dan jangan pula terlalu jauh.

Nah, untuk memudahkan mobilitas atau pergerakan kamu di dapur, kamu juga harus memastikan kalau tiga fitur utama yaitu lemari es atau kulkas, kompor, dan tempat mencuci terletak berdekatan atau mudah dijangkau.

Bagikan: 990 kali