Easton Park Residence di Jatinangor. Foto: Rumah123/Easton Park Residence

Bukan rahasia lagi bahwa harga properti cenderung naik. Kebutuhan akan properti lebih tinggi dariada ketersediaannya. Lebih-lebih ketersedian lahan. Candaannya sih, Tuhan ga bikin Bumi dua kali. Jadi, ya lahan untuk membangun rumah terbatas, itu-itu saja, sementara laju jumlah penduduk tak berbatas.

Kata para pemain properti, rata-rata harga properti naik minimal 20 persen dalam setahun. Bahkan, kadang lebih dari itu kalau lokasinya tergolong strategis. Sebut saja unit Easton Park Residence di Jatinangor. Empat tahun yang lalu, harga unit di apartemen mahasiswa ini harganya masih Rp160 juta. Sekarang? Wow! Sudah menjadi Rp320 juta per unit. Berarti harganya naik 100% dalam waktu 4 tahun.

Baca juga: Hadir Satu Lagi Apartemen Mahasiswa di Jatinangor-Sumedang

Jatinangor yang termasuk wilayah Sumedang ini memang banyak dihuni mahasiswa. Setidaknya ada 3 perguruan tinggi besar di kawasan ini, yakni Universitas Padjadajaran (Unpad), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Juga ada Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin).

Jadi tak salah kalau pengembang Easton Park Residence, PT Kalmar Jaya, membidik pasar mahasiswa. Untuk lebih merangkul segmen mahasiswa di kawasan tersebut, PT Kalmar Jaya, menggandeng Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB.

Baca juga: Wangsa Rajasa, Rukos Modern di Jatinangor

"Kami ingin membangun sinergi yang baik sekaligus memberi manfaat bagi semua pihak," kata Direktur Utama PT Kalmar Jaya, Dadang Tahya, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (12/10/2017).

Menurutnya, setidaknya ada 11.700-an mahasiswa baru setiap tahun yang menuntut ilmu di Jatinangor. Tentang potensi investasi  properti di apartemen ini, menurut Dadang, pihaknya menjanjikan capital gain 10% per tahun bagi para investor yang membeli unit apartemen tersebut. Hunian vertikal yang konstruksinya telah rampung 100% dan beroperasi sejak 2015.

"Di situlah prospek sewa apartemen di kawasan Jatinangor sangat bagus," kata Vice President Coldwell Banker Property Connections Residential, Iwan Risdianto, dikutip dari sumber yang sama.

Baca juga: Pengembang Ini Bangun Resor Mahasiswa Bebas Narkoba di Bogor

Selain propek pasar yang bagus, dukungan infrastruktur dan akses ke kawasan tersebut semakin bagus. Ada pembangunan infrastruktur Tol Cisumdawu sepanjang 60 kilometer yang akan menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

"Adanya jalan tol ini yang akan semakin menghidupkan wilayah Jatinangor dan sekitarnya," kata Iwan lagi.

Saat ini, harga sewa unit studio berkisar Rp2-2,5 juta per bulan. Sedangkan sewa harian berkisar Rp250-350 ribu per hari.

Apartemen bermenara satu yang luasnya 6.272 m2 ini berdiri di lahan seluas 49.650 m2 dengan kapasitas 1.535 unit. Ketinggiannya mencapai 25 lantai. Saat ini, unit yang ditawarkan mulai ukuran 20 m2, 27 m2, hingga 54 m2. Harga tiap unitnya mulai Rp320 juta hingga Rp900 jutaan.

Gimana? Tertarik berinvestasi properti di proyek tersebut?

Bagikan:
1885 kali